Peringatan Sewindu Tsunami Aceh Utara Berpusat di Pantai Ulee Rubeik Timu

LHOKSUKON– Peringatan satu windu tsunami di Kabupaten Aceh Utara, Rabu 26 Desember 2012 besok, berpusat di Pantai Ulee Rubeik Timu, Kecamatan Seunuddon. Acara itu akan dihadiri sekitar tujuh ribu warga. Dalam kesempatan yang sama juga akan disantuni 259 anak yatim korban tsunami.

Untuk mencapai lokasi acara dari Jalan Medan – Banda Aceh, Desa Pante Breuh, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara, berjarak 17 kilometer. Sedangkan lokasi parkir berpusat di halaman Masjid Nurul Salam, dengan jarak tempuh ke lokasi sekitar 20 meter.

Direncanakan acara akan dibuka langsung oleh Bupati Aceh Utara, Muhammad Thaib. Acara serupa juga digelar di Pantai Ulee Rubeik Barat dan Pantai Lhok Puuk. Hanya saja di dua pantai itu acaranya lebih sederhana dan hanya dihadiri warga setempat saja.

Ketua Panitia Pelaksana, Hasanusi kepada ATJEHPOSTcom, Selasa 25 Desember 2012, menyebutkan, acara akan dihadiri Muspida Plus dan alim ulama se Aceh Utara. Untuk doa bersama akan dipimpin Tgk Abu Manan yang diundang langsung oleh ketua MPU Kecamatan Seunuddon.

“Disela-sela do’a bersama juga akan disembelih tiga ekor lembu dan dua ekor kambing untuk selamatan (khanduri) para arwah korban tsunami 26 Desember 2004 silam,”  jelasnya.

Sementara itu, Keuchik Ulee Rubeik Barat, Batlisyah Yahya mengatakan, sesuai dengan permintaan masyarakat setempat, pihaknya juga menggelar doa bersama secara kecil-kecilan di Pantai Ulee Rubeik Barat.

“Warga meminta doa bersama digelar di desa sendiri, walau hanya secara sederhana," kakat dia.

Pada peringatan tsunami ke 7 tahun 2011 lalu di Aceh Utara juga berpusat di Pantai Ulee Rubeik Timu. Kala itu ulama kharismatik Aceh, Tgk H Ibrahim Bardan atau yang kerap disapa Abu Panton juga turut hadir.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply