Peringatan dini bencana via Google Public Alert

MENGHADAPI musim angin topan di Taiwan, Google meluncurkan peta khusus krisis sebagai peringatan dini untuk negara kecil itu, sekaligus memperluas sistem Public Alerts-nya secara global. Google Public Alerts merupakan peta Google yang membantu menyebarkan informasi rinci mengenai keadaan darurat.

Di blog resminya Google menyatakan, mulai Rabu, 10 Juli 2013, halaman Google Public Alerts akan menampilkan peringatan cuaca buruk angin topan dan peristiwa yang terkait dengan banjir di Taiwan. Selain muncul di Public Alerts, peringatan keadaan darurat juga akan muncul di Google Search, Google Maps dan Google Now. Sebagai contoh, jika peringatan angin topan ada di wilayah Kaohsiung, Taiwan, maka peringatan akan ditampilkan setelah orang-orang mencari informasi yang relevan di Google Search dan Google Maps. Untuk Google Now bagi pengguna Android dan iOS, peringatan angin topan akan ditampilkan melalui kartu yang berisikan informasi peringatan.

Perusahaan mesin perambah itu bekerjasama dengan sejumlah lembaga yang berkaitan dengan cuaca, bencana dan konservasi alam Taiwan guna mendapatkan berita yang akurat untuk ditampilkan pada Google Public Alerts. Juru bicara Google menyebutkan, Taiwan merupakan negara yang berani dan terbuka memberitahukan data bencana alama negaranya di saat banyak negara lain memilih untuk menyimpannya.

Pada saat peluncuran Google Public Alerts di Taiwan, perusahaan di bawah pimpinan Larry Page itu juga meluncurkan Google Crisis Map untuk Taiwan. Peta yang satu ini berfungsi memberikan rincian tempat terkait bencana alam, seperti lokasi tempat tinggal, rute evakuasi dan banyak lainnya. Google Public Alerts pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada Januari 2012. Kemudian, Google melakukan ekspansi global pertamanya di  Jepang pada Maret 2013. | sumber: tempo

  • Uncategorized

Leave a Reply