Percepatan pembangunan di 16 kecamatan, Bupati Rocky kerahkan 23 alat berat

BUPATI Aceh Timur Hasballah M. Thaib menyerahkan 23 unit alat berat untuk 16 kecamatan di kabupaten ini. Alat berat tersebut diterima para camat pada acara penyerahan di lapangan upacara Pusat Pemerintahan Aceh Timur, Desa Titi Baro, Kecamatan Idi Rayeuk, Senin, 15 Juli 2013.

Hasballah M. Thaib akrab disapa Rocky mengatakan alat berat itu untuk percepatan pembangunan infrastruktur pedesaan. Di antaranya, pelebaran badan jalan dan pengerukan alur atau anak sungai. Ia meminta para camat yang wilayahnya mendapatkan alokasi khusus supaya mengawasi alat berat yang dikerahkan ke kecamatan hingga pedesaan.

“Saya ingin alat berat yang dikerahkan untuk tiap desa ini benar-benar dimanfaatkan untuk kepentingan  masyarakat, seperti pengerukan sungai agar perkampungan bebas banjir. Begitu juga pelebaran jalan, karena Aceh Timur masih minim pembangunan jalan,” kata Bupati Rocky didampingi Kabag Humas Setda Aceh Timur, T. Amran SE di sela-sela penyerahan alat berat kepada camat.

Khusus kecamatan yang memiliki alur dan sungai tembus ke laut, kata Rocky, untuk diutamakan pengerukan bibir kuala sehingga boat nelayan tidak lagi mengalami kendala keuar masuk dermaga.

Rocky menyebutkan, program tersebut akan terealisasi sebagaimana harapan semua pihak, jika pihak kecamatan dan masyarakat melakukan pengawasan maksimal terhadap pekerjaan di lapangan. “Mari kita semua berperan membangun daerah kita,” ujarnya.

Adapun kecamatan yang mendapat alat berat ialah Pante Bidari, Julok, Nurussalam, Darul Aman, Idi Rayeuk, Indra Makmur, Peudawa, Peureulak Barat, Peureulak, Ranto Peureulak, Ranto Selamat, Birem Bayeun, Sungai Raya, Serbajadi, Idi Timur dan Peunaron.

Ke-23 alat berat ini, kata Rocky, bersumber dari APBK tahun 2013 senilai Rp7,2 miliar. Masa kerja seluruh alat berat tersebut mencapai 11.600 jam.

“Harapan kita ke depan Aceh Timur tidak lagi terkendala di segi jalan sebagai jalur transportasi, dan nelayan tidak lagi mengeluh saat melaut karena kuala dangkal. Juga kita harapkan mampu mencegah banjir yang selama ini menjadi petaka bagi petani sawah dan warga lainnya,” kata Rocky.

Acara penyerahahan alat berat turut dihadiri Sekda Aceh Timur  Bahrumsyah, para anggota dewan, kepala dinas, 16 camat dan unsur masyarakat.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply