Perbankan Dukung Pidie Jadi Sentra Bawang Merah

Kepala Bank Aceh Cabang Sigli, Muslim AR, mengatakan program penangkaran bawang merah yang dibuat Bank Indonesia di Bambi, Pidie, sangat baik karena bawang merah salah satu komoditas pangan utama bagi masyarakat Pidie dan Aceh umumnya.

Program ini diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup petani, karena bawang merah termasuk salah satu komoditas pangan unggulan yang bernilai ekonomis.

Selain bawang Brebes yang banyak beredar di Aceh, bawang Pidie menurutnya juga dikenal oleh masyarakat karena memiliki kualitas yang bagus. Karena itu Bank Indonesia menjadikan Pidie sebagai tempat penangkaran bawang merah.

Selama ini katanya distribusi bawang merah di Aceh lebih banyak dipasok dari luar. Dengan adanya program ini diharapkan Pidie nantinya bisa menjadi sentral komoditas bawang di Provinsi Aceh. Selama ini bawang lokal yang beredar di Aceh merupakan bawang dari Pidie.

Dalam hal ini Bank Indonesia sendiri yang terjun untuk membina dan mengawasi para petani. Karena BI memegang peranan penting dalam kestabilan ekonomi daerah.

“Kami ke depan akan turun juga dari semua bank yang ada di Pidie untuk menanam bawang di Pidie,” katanya kepada ATJEHPOST.co, Jumat 7 November 2014.

Sedangkan Kepala BNI Pidie, Murianto, mengatakan untuk mengoptimalkan budidaya bawang merah di Pidie, bisa memanfaatkan lahan terlantar yang ada di Pidie. Program ini menurutnya akan semakin meningkatkan produktivitaa komoditas bawang Pidie.

Seperti diberitakan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Pidie kemarin panen perdana bawang merah varietas unggul di Bambi, Kabupaten Pidie. Bawang merah tersebut merupakan hasil penangkaran Kelompok Tani Bangun Sejahtera binaan Bank Indonesia Provinsi Aceh dengan pemerintah kabupaten setempat.[]

Laporan Zoni Jamil dari Kabupaten Pidie

  • Uncategorized

Leave a Reply