Peralatan Rusak, Truk Pemadam Kebakaran Bireuen Diparkir di Pendopo

Peralatan di mobil pemadam kebakaran Bireuen rusak dan tidak berfungsi maksimal, petugas memilih memarkirkan armada pemadam kebakaran milik Pemkab Bireuen di halaman Pendopo Bupati Bireuen, Rabu malam 25 Juni 2014.

Menurut sejumlah petugas pemadam kebakaran Pemkab Bireuen yang ditemui di markas, tidak jauh dari kompleks Pendopo Bireuen mengatakan, armada pemadam kebakaran diparkir di halaman Pendopo Bireuen sebagai bentuk protes kepada atasan termasuk pimpinan daerah atas kerusakan peralatan mobil pemadam.

Sejumlah petugas pemadam mengatakan aksi itu berawal dengan terjadinya kebakaran di kompleks kuburan Desa Geulumpang Payong, Kecamatan Jeumpa, Rabu 25 Juni 2014 sekitar 17.30 wib. Di sana petugas kesulitan memfungsikan peralatan.

Lalu disusul dengan kebakaran di kawasan Geulanggang Gampong, Kecamatan Kota Juang. Petugas yang baru usai di lokasi kebakaran pertama melaju ke lokasi kedua. Tetapi terhalang sebab persediaan air di tangki habis.

Sementara peralatan untuk mengisi ulang air (pompa) ke tangki mobil pemadam tidak dapat digunakan dengan cepat. "Kalau mengisi air dua jam baru penuh, bagaimana bisa bekerja dengan maksimal, sebenarnya kondisi ini sudah lama terjadi, tetapi masih bisa sabar," ucap seorang petugas.

Rata-rata, kata mereka enam armada pemadam yang ada tidak layak lagi digunakan. Bahkan dua di antaranya sudah sebulan masuk bengkel belum selesai diperbaiki. Kondisi itu sebab mobil pemadam di daerah itu seharusnya sudah dipensiunkan. Sebagian merupakan warisan Aceh Utara, sebagian bantuan Jepang pascatsunami 2004.

Pantauan wartawan, di halaman Pendopo Bireuen Rabu malam mobil pemadam diparkir rapi, satu di antaranya pickup pendukung operasional petugas. Armada pemadam itu diparkir rapi di bagian timur halaman pendopo dekat pintu masuk sebelah timur.

Asmara Hadi, Kepala Badan Penanggulangan dan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bireuen belum dapat dikonfirmasi terkait masalah yang yang berujung pada aksi tersebut.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply