Penyanyi AS Kina Grannis: Mendunia lewat YouTube

TIKET untuk pertunjukkannya di Sydney Opera House Jumat (23/3/2012) malam ini dan dua malam berikutnya sudah terjual habis. Gedung Opera House ini biasanya hanya diperuntukkan bagi bintang-bintang besar internasional yang sudah terkenal di seluruh dunia.

Namun penyanyi asal Kalifornia, Kina Grannis berhasil menggunakan pengaruh internet terutama Youtube untuk menjadikannya salah satu penyanyi terkenal di dunia. Selama 4 tahun terakhir, Grannis, 27 tahun, hanya menggunakan situs Youtube untuk mempromosikan lagu-lagu yang diciptakannya.

Hasilnya luar biasa. Penampilan Grannis sudah ditonton lebih dari 100 juta kali di seluruh dunia. Sekarang, Kina Grannis, gadis berdarah campuran Jepang, Inggris, Irlandia, Perancis, dan Belanda ini sedang melakukan tur ke Asia Tenggara termasuk Australia. Dia sudah mengunjungi Singapura, dan Malaysia, dan akan melawat ke Eropa bulan Mei mendatang.

Menurut laporan koresponden Kompas di Australia, L Sastra Wijaya, tidak ada satu lagu Grannis pun yang pernah dimainkan di radio, tetapi karena internet, pertunjukkannya di Sydney Opera penuh, tanpa media banyak mengetahui latar belakangnya sejauh ini.

Dalam wawancara dengan situs The Telegraph di Australia menjelang pertunjukkannya, Grannis mengatakan bahwa jalur promosi yang ditempuhnya lewat internet sebenarnya tidaklah direncanakan dari awal. "Pada awalnya, saya memenangkan lomba mencipta lagu yang kemudian dipertunjukkan di kejuaraan superbowl. Dari situ, sebagai ucapan terima kasih atas kemenangan yang saya, saya membuat video sebanyak mungkin dalam masa dua bulan." kata Kina.

Dari situ, Kina memutuskan bahwa internet bisa dijadikan sarana promosi yang efektif. Dia sempat ditawari untuk rekaman dari beberapa perusahaan rekaman besar Amerika, namun ditolaknya.

"Ketika saya bertemu mereka, tampaknya mereka kaget bahwa saya berani menolak mereka. Tetapi ketika itu, saya sudah berprinsip, saya akan melakukan dengan cara saya sendiri, dan terbukti pilihan saya sejauh ini tidak salah." tambah Kina, yang berasil dari Kalifornia tersebut.

Salah satu lagunya yang terkenal, Valentine yang dirilis tahun 2010 sejauh ini sudah ditonton sebanyak 13 juta kali. Yang juga unik dalam satu video berjudul In Your Arms, yang sudah ditonton hampir 6 juta kali, Kina menggunakan jelly beans sebagai latar belakang.

Disebutkan video itu memerlukan 288 ribu jelly beans dan memerlukan waktu 22 bulan untuk menyelesaikan rekamannya. Di tahun 2011, Kina mendapatkan penghargaan MTV sebagai artis terpopuler lewat internet. | sumber: kompas.com

  • Uncategorized

Leave a Reply