Penumpang Tewas dalam Kecelakaan Bus di Aceh Utara Berasal dari Medan

SYAMTALIRA ARON – Kepala Satuan Lalu-lintas Kepolisian Resor Aceh Utara Ipda Mega Tetuko mengatakan penumpang bus Kurnia yang tewas karena terlempar keluar dari kaca, bernama Robet, 31 tahun, warga Jalan BZ Hamid Ladang Nomor 7, Kecamatan Kedai Durian, Medan, Sumatera Utara.

Penyebab kecelakaan, kata Mega, karena bus yang melaju dalam kecepatan tinggi pada pukul 05.15 WIB itu, tiba-tiba hilang kendali. Sopir yang mengantuk, kata Mega, tidak menyadari tikungan jalan yang ada di depannya, sehingga tetap berada pada posisi lurus. Alhasil, bus menghantam beberapa pagar rumah dan warung milik warga setempat.

“Di waktu bersamaan saat benturan itu, satu penumpang bus yang duduk di bagian depan terlempar keluar kaca dan meninggal di lokasi kejadian. Saat ini korban tewas telah dijemput oleh pihak keluarga,” ujar Mega.

Sedangkan sopir bus, Muhammad Iqbal, 28 tahun, warga Desa Blang Matang, Peudada, Bireun, masih dimintakan keterangkan di Unit Laka-lantas Polres Aceh Utara.

Mega mengimbau seluruh pengguna jalan jangan mengemudi dalam kondisi mengantuk.

“Jika memang mengantuk, tepikan mobil dan beristirahat sejenak. Karena mengemudi di saat mengantuk itu dapat mengancam keselamatan dan memmbahayakan diri sendiri dan orang lain. Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan suci ramadhan, jalanan akan semakin padat,” ujarnya.

Terkait sopir Kurnia yang mengantuk itu, kata dia, seharusnya bisa digantikan oleh sopir kedua.

Sebelumnya diberitakan, bus Kurnia bernomor polisi BL 7449 PB terbalik di tikungan Simpang Cibrek, Desa Cibrek Tunong, Aceh Utara, Sabtu 14 Juli 2012.

Satu penumpang bus terlempar keluar dari jendela kaca dan meninggal di lokasi kejadian. Sedangkan lima penumpang luka-luka. Kini, bus itu telah ditarik ke lapangan desa setempat karena tidak bisa dikemudikan lagi.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply