Penulis Aceh ikut kongres penyair se-dunia di Malaysia

Salah satu Penyair Aceh, Doel CP Allisah akan menjadi bahagian dari lebih 200 penyair yang berasal dari 30 negara yang akan ikut dalam World Congress Of Poets ke 33 di Bardaraya Ipoh – Perak Malaysia 20 – 25 Oktober 2013.

Kongres penyair sedunia yang bertemakan One World Through Poetry yang diajurkan oleh World Academy Of Art Culture ini juga akan mengeluarkan satu buku antologi puisi yang telah jauh hari diseleksi dari karya penyair yang menjadi peserta. Untuk  menyiapkan buku dalam bahasa Inggris ini telah ditunjuk menjadi editor Geoge Chapoutier dan Malim Ghozali PK.

Dalam acara ini juga selain dari peserta antarbangsa, 100 penyair Malaysia pun akan ikut serta sebagai negara yang menjadi tuan rumah.

Sebagaimana yang telah ditetapkan dalam aturcara kongres, pelaksanaan acara ini juga dimanfaatkan oleh Negeri Perak sebagai ajang mempromosikan kebudayaan lokal dan pelancongannya, ini tergambar dalam beberapa acara yang disiapkan seperti melawat beberapa lokasi menarik di Perak, termasuk Gua Tempurung, Tapak Warisan Dunia di Lenggong, menyusuri sungai perak di Kuala Kangsar, jugam engunjungi  Lumut/puteri bayu/coral, juga akan di isi berbagai acara pembacaan puisi, persembahan budaya tempatan dan berbalas pantun.

Beberapa negara yang telah memastikan mengirimkan wakilnya, diantaranya adalah Argentina, Canada, Australia, Bosnia, China. Colombia, Equador, Perancis, Hungaria, India, Indonesia, Hong Kong, Jepang, Korea, Mexico, Mongolia, Peru, Filipina, Singapore, Africa Selatan, USA, Venezuela, Thailand, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Doel CP Allisah yang akan menjadi salah satu peserta dari Aceh/Indonesia, menyebutkan ini merupakan satu penghargaan bagi daerah Aceh bisa ikut serta dalam ajang dunia tersebut, dan dia berharap ini menjadi sarana memperkenalkan penulis Aceh lainnya agar dapat berkiprah ke berbagai event budaya, khususnya sastra diajang Internasional.

Kepada ATJEHPOSTcom,  Doel CP Allisah yang merupakan Ketua Aliansi Sastrawan Aceh [ASA} ini. mengatakan, untuk menghadiri acara ini dia dibantu biaya transportasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh. []

  • Uncategorized

Leave a Reply