Penjelasan Ilmiah Soal Awan Cincin Mbah Bebek Gunung Slamet

SEBUAH awan berbentuk cincin terlihat muncul saat Gunung Slamet mengeluarkan letusan pada Kamis, 11 September 2014. Masyarakat setempat mengaitkannya dengan Mbah Bebek yang diyakini sebagai penguasa Gunung Slamet. 

Namun, pengamat gunung api Ma'rufin Sudibyo punya penjelasan lain. Menurutnya, fenomena itu sangat jarang terjadi, dan setahu Ma'rufin, itu adalah yang pertama kali terdokumentasi. 

Ma'rufin mengatakan, cincin asap terbentuk dari gas dan uap air yang termampatkan dan lantas keluar dari lubang letusan dengan tekanan dan kecepatan yang pas. Sehingga, asapnya tidak buyar dan juga tak melayang rendah. 

"Fenomena ini justru menegaskan bahwa saluran magma Gunung Slamet tetap terbuka. Sehingga magma dan gas yang hendak keluar tak sempat tertahan di leher gunung. Dengan saluran yag terbuka, potensi terjadinya letusan besar boleh dikata cukup kecil," kata Ma'rufin di dinding Facebook-nya. 

Meski begitu, Ma'rufin mengingat pihak terkait tetap waspada memantau perkembangan sang gunung. 

"Tak perlu membesar-besarkan klain, info (apalagi foto) yang belum jelas juntrungannya. Kerap sebuah bencana menjadi peka berlipatganda kala ia disebagai sebagai desas-desus yang merambah kemana-mana," kata Ma'rufin.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply