Pengobatan kista ovarium secara medis dan alami

BAGI wanita, kista menjadi momok yang menakutkan. Padahal kista bisa menghilang dengan menjalani beberapa terapi atau pengobatan. Berikut pengobatan kista ovarium yang dilansir mayo clinic:

1. Waspada dan menunggu
Dalam banyak kasus, Anda dapat menunggu dan dikaji ulang untuk melihat apakah kista akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa bulan. Dokter ANda juga merekomendasikan penanganan lebih lanjut dan memeriksa secara berkala apakah kista Anda berubah ukuran.

2. Pil KB
Dokter merekomendasikan pil KB untuk mengurangi kemungkinan kista baru berkembang dalam siklus menstruasi di masa yang akan datang. Alat kontrasepsi oral menawarkan manfaat tambahan secara signifikan mengurangi risiko kanker ovarium. Risiko tersebut akan menurun dengan mengonsumsi pil KB.

3. Operasi atau bedah
Dokter Anda mungkin menyarankan untuk melakukan bedah mengangkat kista karena kista tersebut membahayakan dan bisa menyebabkan Anda sulit mendapat keturunan.

Ada pula cara alami mengobati kista :
Menyeimbangkan hormon alami
Satu teori adalah bahwa kelebihan estrogen atau ketidakseimbangan hormon lain mungkin menjadi penyebab pembentukan kista ovarium.

Herbal
Ramuan herbal bisa membantu mengatur siklus haid tak teratur dengan menyeimbangkan hormon seperti semanggi merah atau chestberry.

Diet vegetarian
Beberapa studi menghubungkan antara diet dan kista ovarium, terutama pada wanita yang secara teratur mengonsumsi lemak dari sumber hewani.

Minum air lemon
Air lemon dapat membunuh racun dan mengembalikan tubuh ke fungsi keseluruhan yang lebih sehat.

Segera periksakan kesehatan Anda ladies agar dapat melakukan penanganan sejak dini. | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply