Pengembangan lokasi wisata Bireuen tunggu lahirnya qanun

KEPALA Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Bireuen, Irfan mengatakan pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Bireuen masih menunggu lahirnya Qanun Kabupaten Bireuen tentang Kawasan Wisata Islami.

“Kendala di lapangan kini masih sangat kuat, makanya perlu menunggu lahirnya dasar hukum supaya saat pelaksanaan di lapangan tidak terbentur dengan masyarakat dan pihak lainnya,” ujar Irfan menjawab ATJEHPOSTcom, Sabtu, 9 Maret 2013.

Saat ini, kata dia, dinas tersebut sedang menggagas penyusunan draft qanun tentang pariwisata. Nantinya sebelum draf tersebut diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK), maka akan digelar konsultasi publik dengan melibatkan semua unsur.

“Dalam konsultasi yang diikuti semua komponen masyarakat itu akan dibahas bersama tentang persoalan yang terkait dengan pariwisata, sekaligus diminta solusinya, masukan dan saran apa yang harus dilakukan supaya draft yang dihasilkan berkualitas,” katanya.

Sebelum lahirnya qanun tersebut, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Bireuen tetap melakukan penjajakan untuk pembenahan sejumlah lokasi wisata. Sehingga, kata dia, jumlah wisatawan terutama lokal bisa terus meningkat.

Beberapa lokasi wisata yang kini dinilai telah berhasil menggaet wisatawan yaitu lokasi wisata Pantai Ujong Blang, Kecamatan Kuala, Krueng Batee Iliek, Kecamatan Samalanga dan Krueng Simpo, Kecamatan Juli.[](bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply