Pengadilan Sinabang sidangkan perkara penipuan bantuan rumah

PENGADILAN Negeri (PN) Sinabang, Simeulue, menggelar sidang perkara penipuan bantuan rumah, Kamis, 17 Oktober 2013.

Sidang dipimpin Hakim Ketua, T Syarafih SH MH didampingi Hakim Anggota, Abdul Wahab SH MH dan Muammar Maulis Khadafi SH, serta Panitera Pengganti, Ayon Aurifan SH.

Dalam persidangan selama tujuh jam, turut hadir Jaksa Penuntut Umum (JPU) Mutia Tri Andalusia SH, terdakwa Zul Hudaya, Supriadi dan Sawaludin. JPU menghadirkan sejumlah saksi, di antaranya Fadil, M Juna, Armansyah, Hilmat, M Deris, Kasidin dan M Zakir.

Setelah mendengar keterangan saksi-saksi, majelis hakim menetapkan sidang perkara penipuan tersebut akan dilanjutkan pada Kamis, 23 Oktober 3013 dengan agenda pemeriksaan terdakwa.

Informasi dihimpun ATJEHPOSTcom, pekara penipuan tersebut bermula dari proposal untuk pembangunan rumah bantuan pada tahun 2010-2011 di sejumlah gampong dalam Kecamatan Teupah Selatan, Simeulue.

Para pelaku yang kini menjadi terdakwa, mengutip dana dari sejumlah warga sekitar Rp118 juta dan menjanjikan akan memperoleh bantuan rumah. Namun tidak ada realisasi, sehingga warga yang terlanjur menyetor dana, melaporkan kasus itu kepada aparat penegak hukum.

“(Karena  dijanjikan bantuan rumah) untuk menyetor dana itu, satu-satunya kerbau yang saya miliki terpaksa saya jual. Itupun yang menjualnya bukan saya, tapi pengurus (pelaku) itu. Maka hari ini saya minta pertanggungjawannya,” kata M Deris, salah seorang korban penipuan, ditemui ATJEHPOSTcom, usai memberi keterangan dalam persidangan.

Saksi lainnya, Sekretaris Dinas PU Simeulue, Fadil mengatakan, “Memang ada program itu, tapi bukan hanya untuk bantuan rumah, masih banyak program lainnya. Dan saya juga tidak tahu kenapa ada kutipan (dana),” ujar Fadil.

Fadil menyebut, program yang diusulkan itu untuk empat gampong dengan dana dari Pemerintah Pusat senilai Rp83.811.976.000. Dana tersebut untuk pembukaan jalan baru, pembangunan rumah penduduk, pagar Kantor Keuchik, sarana air bersih, irigasi, gudang, gedung serba guna dan rehabilitasi rumah ibadah.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply