Peneliti akan jelajahi dan buat peta galaksi Bima Sakti

SAMPAI sekarang, manusia masih mereka-reka seperti apa dan seberapa luas galaksi Bima Sakti ini. Hal itu disebabkan karena tidak adanya peta untuk mengetahui segala hal, lokasi dan lainnya di galaksi ini.

Untuk itu, ada sebuah misi angkasa luar yang bertujuan untuk memetakan lokasi, planet, bintang dan segala hal di dalam lingkup galaksi Bima Sakti.

GaiaSeperti dikutip dari Gizmag (24/10), misi yang dinamakan Gaia tersebut akan memetakan sedikitnya 1 miliar bintang yang terdapat di dalam Bima Sakti dengan kamera beresolusi sebesar 1GP (gigapixel).

GaiaKamera yang dimiliki Gaia ini akan mampu menghasilkan peta 3D dari galaksi Bima Sakti. Dengan diluncurkannya misi ini maka diharapkan akan ditemukannya ratusan ribu asteroid dan komet di tata surya serta mungkin planet yang dapat dihuni juga banyak lagi.

Namun, dikarenakan masalah teknis, misi Gaia ini ditunda oleh European Space Agency (ESA). Diperkirakan pesawat untuk memetakan galaksi Bima Sakti ini akan dirilis pada bulan Desember mendatang. | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply