Pemkab Aceh Utara Desak Gubernur Tambah Kuota Pupuk

Pemkab Aceh Utara Desak Gubernur Tambah Kuota Pupuk

LHOKSUKON – Pemerintah Aceh Utara telah menyurati Gebernur Aceh Zaini Abdullah untuk meminta penambahan quota pupuk di kabupaten yang dipimpin Bupati H. Muhammad Thaib atau biasa disapa Cek Mad tersebut. Namun hingga saat ini permintaan itu belum ditanggapi oleh Gubernur Aceh.

Cek Mad mengatakan kebijakan penambahan quota pupuk merupakan wewenang Pemerintah Aceh. Karena itu selaku bupati, Cek Mad mengaku sudah berkali-kali meminta gubernur agar menambah quota pupuk untuk kebutuhan petani di Aceh Utara.

“Kuota yang ada sekarang  8.621 ton, tapi kebutuhannya mencapai 16.000 ton. Saya sudah berulang kali meminta kepada gubernur untuk penambahan quota pupuk,” kata Cek Mad, Selasa 28 Juli 2015 dalam siaran persnya. Itu artinya Aceh Utara masih kekurangan 7.379 ton pupuk.

Pupuk untuk kebutuhan sektor pertanian di Aceh Utara kata Cek Mad menjadi perhatian khusus Pemerintah Aceh Utara, karena bidang pertanian merupakan tulang punggung pendapatan masyarakat di kabupaten ini. Karena itu ia meminta tanggapan serius dari Pemerintah Aceh terkait permintaan penambahan quota pupuk tersebut. Jika tidak, akibatnya akan berimbas ke sebagaian penduduk Aceh Utara yang berpofesi sebagai petani.

Bila setiap tahun terjadi kelangkaan pupuk tambah otomatis akan mempengarui produktivitas dan kualitas hasil petani pertanian. “Ini yang perlu kita jaga, sehingga produksi petani kita harus terus meningkat, supaya petani Aceh Utara sejahtera,” kata  Cek Mad.[] (mal)

Foto: Ilustrasi

Leave a Reply