Pemkab Aceh Utara alokasikan Rp597,5 juta untuk sanggar kesenian

PEMERINTAH Kabupaten Aceh Utara pada tahun 2013 ini mengalokasikan dana senilai Rp597.560.000 untuk empat sanggar kesenian dan satu group paduan suara.

Informasi diperoleh ATJEHPOSTcom dari Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA), Senin, 27 Mei 2013, menyebutkan, berdasarkan data dalam buku APBK Aceh Utara 2013, dana Rp597,5 juta lebih itu diperuntukkan kepada Sanggar Cut Mutia, Sanggar Putroe Banna, Sanggar Putroe Pase dan Sanggar Lam Badee Na. Selain itu, juga untuk group paduan suara Gita Bahana Nusantara.

Dalam buku APBK juga disebutkan bahwa tujuan atau target dari alokasi dana tersebut agar empat sanggar dan satu group paduan suara itu bisa membawa nama Aceh Utara di tingkat Provinsi Aceh maupun luar Aceh.

Dana tersebut antara lain untuk belanja barang dan jasa empat sanggar dan satu group paduan suara. Selain itu, honorarium instruktur, alat tulis kantor, biaya makan minum dan biaya transportasi penampilan tim tari ke luar negeri. Dari empat sanggar kesenian dan satu group paduan suara yang memperoleh dana itu, paling banyak diperuntukkan kepada Sanggar Cut Mutia yang merupakan sanggar binaan istri bupati Aceh Utara.

Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Dinas Perhubungan, Pariwisata dan Kebudayaan Aceh Utara, Nurliana saat dihubungi lewat telpon selular membenarkan adanya alokasi dana dari APBK 2013 untuk empat sanggar kesenian dan satu group paduan suara. Namun ia mengaku tidak ingat jumlah dana tersebut.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply