Pemkab Aceh Besar dan KAHP Kerjasama Terkait Pengembangan UKS

Pemkab Aceh Besar dan KAHP Kerjasama Terkait Pengembangan UKS

JANTHO – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar melakukan kerjasama dengan Korean Association of Health Promotion (KAHP), terkait pelaksanaan kegiatan Unit Kesehatan Sekolah (UKS), Rabu, 6 Mai 2015.

Bupati Aceh Besar, Mukhlis Basyah, S.Sos, mengatakan salah satu program pembangunan nasional adalah sumber daya manusia yang berkualitas yaitu sumber daya manusia yang sehat fisik, mental dan sosial serta mempunyai produktivitas yang optimal.

“Oleh karena itu diperlukan berbagai upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan secara terus menerus yang di mulai sejak dalam kandungan, anak usia dini anak sekolah sampai dengan usia lanjut,” kata Mukhlis Basyah.

Mukhlis Basyah menambahkan pembinaan dan pengembangan UKS merupakan salah satu upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang ditujukan kepada peserta didik.

“Peserta didik tersebut merupakan salah satu mata rantai penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan peserta didik,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya program UKS yang dikenal dengan Trias UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah sehat merupakan hal yang sangat penting dalam mewujudkan peserta didik yang sehat dan cerdas.

Menurutnya dalam mencermati berbagai persoalan tersebut dengan semangat dan komitmen yang tinggi, pihaknya menyambut dengan baik upaya tim KAHP untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan lingkungan sekolah beserta anak didik di wilayah kabupaten Aceh Besar.

Mukhlis Basyah berharap kegiatan tersebut dapat membawa suatu perubahan yang baik untuk meningkatkan kualitas program UKS di Kabupaten Aceh Besar. Selain itu, kegiatan ini diharapkan bisa menjadi role model yang akan diikuti oleh seluruh sekolah di Kabupaten Aceh Besar.

“Serta diharapkan kegiatan ini akan memberikan kontribusi yang baik untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Aceh Besar,” ujarnya.[](bna)

Keterangan foto: Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah SSos tampak sangat akrab dengan siswa/siswi SD dan MI ketika melihat data kesehatan setiap siswa di sela sela MOU UKS antara Aceh Besar dengan Korsel di samahani, Rabu, 6 Mai 2015.

Leave a Reply