Pemerintah Upayakan Harga Kedelai Stabil

Pemerintah Upayakan Harga Kedelai Stabil

RANTO PEUREULAK – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian akan berusaha untuk meningkatkan harga kedelai yang beberapa hari terakhir semakin menurun. Meskipun demikian, petani dan kelompok tani diharapkan terus menanam kedelai dalam mengantisipasi krisis di Indonesia.

“Penanaman kedelai kita harapkan terus dilakukan petani dan Poktan, sehingga produksi kedelai mampu menutup kebutuhan kedelai nasional,” kata Direktur Pengelolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Ir. Tri Agustin Satriani usai acara Gerakan Penanganan Pasca Panen Tanaman Kedelai di Desa Beurandang, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, Kamis, 27 Agustus 2015.

Dia mengaku Kementerian Pertanian akan terus berusaha memberikan perhatian khusus terhadap petani di seluruh Indonesia, termasuk Kabupaten Aceh Timur. Sebab, program ketahanan pangan ini berlaku di seluruh Indonesia dan komitmen Kabupaten Aceh Timur dalam mengembalikan kejayaan pertanian terlihat sangat tinggi.

“Kita melihat kepedulian Kabupaten Provinsi Aceh dalam program ini sangat tinggi, sehingga ke depan kita harapkan melalui penanaman kedelai dapat menutupi kebutuhan kedelai nasional dan ini menjadi program nasional yang menjadi tanggung jawab kita semua,” ujar Tri Agustin.

Bupati Aceh Timur Hasballah HM. Thaib atau Rocky dalam wawancara mengharapkan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Aceh untuk dapat mencari solusi terbaik terhadap petani kedelai yang sudah menanam, tetapi harga kedelai semakin menurun.

“Untuk tahap penanaman sudah kita lakukan, tapi harganya yang menurun membuat petani kewalahan. Dan ini perlu dicari solusinya, agar petani kedelai tidak merugi,” kata Rocky.

Pun demikian, kata Rocky, pihaknya terus mendorong berbagai instansi terakit untuk melakukan penanaman kedelai di sejumlah lokasi dengan melibatkan kelompok tani (poktan).

“Artinya, petani hari ini sudah mau menanam, tapi dengan harga yang seperti ini akan membuat petani tidak mau menanam lagi. Oleh karena itu, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian kita harapkan segera memberikan solusi terbaik untuk meningkatkan harga jual kedelai Aceh khususnya Aceh Timur,” ujar Rocky.

Dalam kesempatan itu, Direktur Pengelolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Ir. Tri Agustin Satriani juga menyerahkan bantuan sosial secara simbolis berupa sarana paskapanen kepada Poktan Dondong Tani Ranto Peureulak dan Poktan Kube Makmur Jaya, Kecamatan Serbajadi.

Dalam kesempatan itu hadir Bupati Aceh Timur, Dandim 0104 Aceh Timur, Wakil Bupati Aceh Timur, Sekda Aceh Timur, para staf ahli bupati, para asisten, Kadistan Aceh Timur, Kepala Bappeluh Aceh Timur dan para kepala dinas dan muspika se Aceh Timur.[](bna)

Leave a Reply