Pemerintah Sediakan Rp 7,3 Miliar Benahi PDAM di Simeulue

SINABANG – Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh menyediakan anggaran sebesar Rp 7,3 miliar untuk pembangunan fasilitas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di Kabupaten Simeulue.

Sumber anggaran tahun 2012 tersebut berasal dari APBN Rp 4,6 miliar dan APBA Rp 900 juta serta dana Otsus Rp 1,8 Miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pembangunan dan penyediaan jaringan pipa air PDAM sepanjang 8 kilometer, pembebasan dan penyediaan bak penampung.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirut PDAM Air Fulawan, Kabupaten Simeulue Edi Arsah ST, yang dihubungi ATJEHPOSTcom, Sabtu 8 Desember 2012.

"Kita mendapat dukungan dana dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh, kurang lebih Rp 7,3 miliar," jelasnya. "Digunakan untuk pembangunan dan peneydiaan fasilitas jaringan pipa sepanjang 8 kilometer dan bak penampung serta pembebasan lahan di kawasan Desa Air Dingin, Sinabang, semua pekerjaan itu ditargetkan akan selesai pada bulan Februari 2013," katanya.

Sementara itu warga Kota Sinabang menganggap persoalan air bersih di Simeulu khususnya warga Kota Sinabang, telah menjadi polemik yang  berkepanjangan. Sudah puluhan tahun warga Kota Sinabang menggunakan sistem tadah air hujan, air sumur bor dan air sungai yang dijual pengecer, sehingga tidak diketahui kelayakan higienisnya.

"Sudah puluhan tahun kita tampung air hujan dan beli air sungai dan kita tidak tau apakah bersih atau tidak, yang jelas air di Kota Sinabang untuk air bersih sangat sulit kita dapatkan," kata Fauzi, warga Sinabang.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply