Pemerintah Aceh Utara akan bangun stasiun solar untuk nelayan

MERESPON keluhan tentang kelangkaan solar yang menghambat para nelayan untuk melaut, Pemerintah Aceh Utara berencana membangun stasiun pengisian bahan bakar di beberapa lokasi wilayah pesisir.

“Kita akan bangun stasiun solar khusus bagi nelayan di beberapa titik di Aceh Utara agar aktifitas para nelayan bisa lancar, tidak tersendat karena tidak ada solar,” kata Wakil Bupati Aceh Utara Muhammad Jamil kepada ATJEHPOSTcom disela-sela memimpin rapat tindak lanjut pelaksanaan program prioritas kawasan pesisir, di Aula Bappeda, Aceh Utara, Jumat, 19 April 2013.

Wabup Jamil yang juga Ketua Pengentasan Kemiskinan di Aceh Utara menyebutkan rencana pembangunan stasiun solar tersebut juga bagian dari tindak lanjut program prioritas pembangunan daerah pesisir kabupaten ini. “Soal di lokasi mana saja akan dibangun, tergantung pada jumlah banyaknya nelayan. Kemungkin satu titik lokasi stasiun solar bisa untuk beberapa daerah pesisir yang berdekatan,” katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Aceh Utara akan bekerja sama dengan Pertamina selaku penyuplai bahan bakar minyak. Pembangunan stasiun solar, kata dia, akan menggunakan dana APBK Perubahan tahun 2013. “Minggu depan kita mulai bicarakan dengan pihak Pertamina,” ujar Jamil.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Aceh Utara menggelar rapat tindak lanjut pelaksanaan program prioritas kawasan pesisir dalam rangka percepatan pengentasan kemiskinan, di Aula Bappeda Aceh Utara.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply