Pemerintah Aceh Prioritaskan Delapan Fokus Utama Kesehatan

BANDA ACEH – Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengatakan Pemerintah Aceh yang baru telah menetapkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) tahun 2011 hingga 2027. Khusus untuk bidang kesehatan, kata Doto Zaini, diprioritaskan pada delapan fokus utama.

“Ada delapan fokus utama yang akan kami masukan dalam RPJP,” ujar Zaini Abdullah kepada The Atjeh Post, Rabu 25 Juli 2012, usai pembukaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah di Hotel Hermes Palace. Rapat itu dibuka Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi.

Kedelapan fokus kesehatan itu, kata Doto Zaini, seperti investasi sumber daya manusia sejak dini, upaya kesehatan pada masalah kesehatan masyarakat, reformasi pelayanan kesehatan, dan penyediaan sumber daya kesehatan  baik kuantitas maupun kualitas.

Selain itu pembangunan yang berwawasan kesehatan, peningkatan manajemen kesehatan, keterlibatan masyarakat dalam penanganan kesehatan, dan penanggulangan bencana dalam darurat kesehatan.

“Semua ini prioritas kita yang harus tercapai. Semua ini tidak akan berhasil bila tidak ada kerjasama yang baik dari semua pihak,” ujar Doto Zaini.

Terkait upaya untuk mencapai target pembangunan kesehatan ini, kata Doto Zaini, dalam konsep Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh tahun 2012-2017, Pemerintah Aceh akan menyusun rencana strategis bidang kesehatan sebagai dokumen perencanaan indikatif.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply