Pemerintah Aceh Komit Dukung Dayah

Pemerintah Aceh Komit Dukung Dayah

REDELONG – Kepala Badan Pembinaan dan Pendidikan Dayah (BPPD) Aceh, Bustami Usman, mewakili Gubernur Aceh, menghadiri Milad Dayah Terpadu Bustanul Arifin ke-16 di Bale Atu, Bukit, Bener Meriah, Rabu, 26 Agustus 2015.

Dalam sambutannya mewakili Gubernur Aceh, Kepala BPPD Aceh itu mengatakan akan terus memperbaharui komitmen pembinaan dan pendidikan dayah di Aceh. Menurut Bustami Usman, saat ini keluarga di Aceh semakin mempercayai dayah sebagai tempat pendidikan bagi putra putri mereka.

Di dayah, anak-anak sudah pasti ada kegiatan shalat lima waktunya. Mereka dikawal oleh pihak guru 24 jam sehingga terbebas dari serbuan kejahatan narkoba. Manajemen dayah juga makin baik dari waktu ke waktu. Silabus dayah juga makin disempurnakan dengan melibatkan ulama-ulama besar di Aceh.

“Bahkan ada dayah yang sudah memiliki dukungan radio. Jadi, jangkauan pendidikan agama makin meluas,” kata Bustami Usman.

Pemerintah Aceh, menurut Bustami Usman, terus mencermati kecenderungan positif ini dan akan terus berusaha agar anggaran untuk dayah meningkat.

“Kita harap anggaran untuk dayah dapat mencapai 700 milyar setiap tahun,” kata Bustami Usman usai acara.

Selama ini, tambah Bustami Usman dukungan untuk dayah sudah diberikan dalam berbagai bentuk, mulai untuk infrastrukur, sarana dan prasarana, juga untuk mendukung para guru di dayah.

“Intensif untuk guru di dayah, dari 1,5 juta sudah menjadi 3 juta pertahun. Ini untuk 13.000 guru dayah,” kata Bustami Usman. Bustami Usman yakin, masa depan Aceh akan bagus sebab dari dayah generasi muda akan menjadi pemimpin yang baik di masa depan.[](bna)

Leave a Reply