Pembuat batu bata temukan candi di Lumajang

KEPOLISIAN Sektor Kunir dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur, mengamankan temuan benda purbakala berupa arca Dewi Durga, patung kuda, dan beberapa ornamen lainnya di Dusun Kedungsari, Desa Kedungmoro, Kecamatan Kunir.

Kepala Kantor Pariwisata Seni Budaya Lumajang Gawat Sudarmanto mengatakan, candi itu ditemukan seorang pembuat batu bata di Desa Kedungmoro. Saat melakukan penggalian, ditemukan struktur bangunan terbuat dari batu bata merah dengan sejumlah ornamen dan arca Betari Durga setinggi 46 sentimeter dan lebar 21 sentimeter yang diukir di atas batu bata merah.

Selain itu, juga ditemukan arca kuda setinggi 18 sentimeter dengan lebar 25 sentimeter yang dilengkapi dengan pelananya, dan relief genta setinggi 19 sentimeter dengan lebar 19 sentimeter yang diduga merupakan alat kelengkapan upacara dalam ritual agama Hindu. Benda bersejarah itu diduga sebagai candi.

Temuan tersebut sudah dilaporkan kepada pihak Balai Arkeologi Yogyakarta dan Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan untuk diteliti lebih lanjut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lanjut dia, pihaknya sudah meminta kepada aparat kepolisian untuk memagari lokasi penemuan benda purbakala itu dengan garis polisi.[] sumber : tempo.co

  • Uncategorized

Leave a Reply