Pemberontak Suriah Klaim Tembak Jatuh Jet Tempur Pemerintah

PEMBERONTAK Suriah mengklaim mereka telah menembak jatuh sebuah pesawat perang pemerintah di Provinsi Deir Ezzor, Senin waktu setempat. Menurut para aktivis lokal, para pemberontak juga menangkap pilot pesawat.

Televisi lokal menyebutkan pesawat jatuh karena masalah teknis selama misi pelatihan rutin. Sebuah tim dikatakan sedang mencari keberadaan pesawat tersebut.

Ammar Waqqaf, dari Klub Sosial Suriah yang berbasis di London dan mendukung Presiden Bashar Al Assad mengatakan Pemerintah Suriah cukup stabil. "Militer telah cukup bijaksana dalam melaksanakan operasi melawan pemberontakan," ujar Ammar seperti dikutip Aljazeera.

Sementara itu pada hari yang sama di pinggiran Damaskus, perang terjadi sejak sebelum fajar. Arif Al Hummoud, komandan senior Angkatan Darat Suriah, menyangkal dugaan pelanggaran hak asasi.

Sejauh ini para aktivis mengatakan lebih dari 45 orang, termasuk 36 warga sipil, telah tewas dalam 48 jam terakhir di daerah itu.

Pasukan keamanan dilaporkan menahan sedikitnya 21 orang ketika mereka menggerebek rumah dan toko di pusat Damaskus, Senin. Para aktivis mengatakan serangan itu merupakan operasi terbesar sejak peluncuran pemberontakan terhadap rezim Assad pada Maret tahun lalu.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply