Pemberontak Maoist serang konvoi bus militer India

PASUKAN pemberontak Maoist menyerang konvoi bus yang ditumpangi oleh pasukan keamanan di India Timur. Serangan ini mengakibatkan sedikitnya lima orang tewas dan dua lainnya luka-luka, Selasa 27 Agustus 2013.

Dilansir dari aljazeera berdasarkan keterangan resmi dari pejabat pemerintah setempat mengatakan bahwa bus yang ditumpangi pasukan keamanan itu sedang dalam perjalanan menuju Provinsi Koraput, Odisha pada Selasa pagi. Menurut Menteri Dalam Negeri India Sushikumar Shinde mengatakan bahwa pasukan keamanan setempat telah dikirimkan ke lokasi guna membantu mengejar pemberontak.

Pemberontak Maoist di India juga dikenal sebagai pasukan pemberontak Naxals, telah bertikai dengan pihak pemerintah lebih dari 40 tahun lamanya. Mereka terinspirasi oleh tokoh pemimpin revolusioner komunis Cina, Mao Zedong yang memperjuangkan hak-hak rakyatnya dari tindakan ketidakadilan para penguasa saat itu.

Pemberontak Maoist mengatakan bahwa mereka berperang demi membela hak-hak para petani miskin dan tidak mempunyai tanah. Mereka tersebar pada 20 daerah pedesaan dari 28 negara bagian tersebut. Ribuan orang tewas dalam pemberontakan yang berlangsung sejak akhir tahun 60-an.

Sementara itu, Perdana Menteri India, Manmohan Singh menggambarkan gerilyawan tersebut sebagai ancaman keamanan internal bagi negara.[](bna)
 

  • Uncategorized

Leave a Reply