Pembangunan pabrik karet di Aceh Barat capai Rp1 triliun

PEMBANGUNAN pabrik karet rima atau crumb rubber milik PT Potensi Bumi Sakti (PBS) menghabiskan anggaran senilai Rp1 trilun lebih. Hal tersebut disampaikan pemilik perusahaan PT Potensi Bumi Sakti, Dwi Putranto Raden Susasono dalam sambutannya saat peresmian pabrik crumb rubber, Selasa 8 Oktober 2013.

Menurut Dwi, dana yang dikucurkan selain untuk membangun pabrik juga untuk membuka lahan perkebunan karet di sekitar pabrik. Luas perkebunan inti mencapai 4.700 hektar dan untuk plasma yang diperuntukkan bagi masyarakat yaitu 1.200 hektar.

“Dengan dibukanya pabrik karet ini kami juga telah menyerap sebanyak 2.500 jiwa pekerja terutama dari kecamatan setempat,” katanya.

Pabrik karet crumb rubber diharapkan mampu meningkatkan nilai jual karet milik masyarakat. Perhitungan awal, jumlah produksi karet olahan yang akan dihasilkan bisa mencapai 200 ton per tahun dengan menampung karet hasil panen milik masyarakat Aceh Barat dan kabupaten tetangga.

“Awalnya kita minta kepada pemerintah untuk memberikan lahan seluas 18 ribu hektar untuk perkebunan karet," ujarnya.

Namun, kata dia, setelah membahas dengan pemerintah Aceh Barat hanya disetujui beberapa ribu hektar.

"Meski demikian kita akan manfaatkan semaksimal mungkin dengan apa yang kita miliki saat ini. Pembangunan pabrik karet ini ditargetkan akan selesai dalam waktu satu tahun, 2014 mendatang telah mampu berproduksi," katanya.(bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply