Pembangkit Listrik Tenaga Uap Nagan Raya Beroperasi Akhir 2012

MEULABOH- Pembangkit Listrik Tenaga Uap atau PLTU Suak Puntong, Nagan Raya, ditargetkan beroperasi akhir 2012. Hal tersebut disampaikan Mechanical Engineer PLN Pembangkitan Sumatera I, PLTU Nagan Raya, Hendra Fitria, Jumat 9 Maret 2012, di Meulaboh.

PLTU Nagan Raya yang memiliki dua unit pembangkit berkekuatan dua kali 110 megawatt tersebut sudah rampung dikerjakan sekitar 86 persen. “Bahkan satu unit pembangkit sudah bisa dioperasikan pada Juni nanti,” ujar Hendra.

Menurut Hendra, pengerjaan PLTU Nagan Raya yang dilaksanakan Sinohydro, perusahaan dari Cina, di bawah pengawasan PLN Pembangkitan Sumatera I, sudah dimulai sejak 2009. “Proyek ini menghabiskan anggaran Rp2 triliun yang bersumber dari dana pinjaman luar negeri dan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah,” ujarnya.

Hendra mengatakan, kehadiran PLTU Nagan Raya nantinya bisa membantu memenuhi kebutuhan listrik di Aceh yang selama ini disuplai dari pembangkit di Medan.

“Jika nanti sudah rampung, 70 persen listrik Aceh bisa terpenuhi dari PLTU ini,” katanya. Kebutuhan listrik di Aceh saat ini 330 megawatt.

Namun, kata Hendra, saat ini pihaknya terkendala pada proses pembuatan tanggul pemecah ombak pada pelabuhan di kawasan PLTU yang sedikit terganggu. “Ombaknya terlalu besar, karena posisinya langsung berada di laut lepas. Tapi 50 persen sudah selesai dikerjakan.” []

  • Uncategorized

Leave a Reply