Pelayanan di Aceh Buruk, Keluarga Bawa Naira Berobat ke Medan

Pelayanan di Aceh Buruk, Keluarga Bawa Naira Berobat ke Medan

BANDA ACEH – Naira Azura, bayi 3 tahun, penderita hydrocephalus asal Alue Nibong, Peureulak Barat, Aceh Timur, kini sudah ditangani Rumah Sakit Adam Malik Medan, Sabtu, 11 April 2015.

“Naira sudah lama menderita penyakit ini, sejak umurnya enam bulan. Jadi lebih kurang sudah dua tahun,” kata Basri, perwakilan Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) yang mendampingi Naira ke Medan, Sumatera Utara, kepada portalsatu.com.

Basri mengatakan, berdasarkan keterangan dokter di Medan disebutkan kondisi Naira tersebut diakibatkan gizi buruk yang kemudian menyumbat otaknya. Asupan gizi yang kurang juga membuat berat badan Naira Azura semakin menurun.

Naira adalah anak kedua dari pasangan Marhamah dan Zulkifli. Menurut Marhamah, 23 tahun, pihaknya telah melakukan banyak hal untuk mengobati Naira. Ia menceritakan bagaimana buah hatinya tersebut terkena hydrocepalus. Awalnya, kata Marhamah, Naira mengalami kejang-kejang. Pihak keluarga kemudian membawanya ke rumah sakit Langsa, dari Langsa dirujuk ke RSUZA Banda Aceh untuk menjalani operasi pada 2014.

Naira sempat dua kali gagal menjalani operasi di rumah sakit plat merah tersebut. Namun pihak keluarga tidak menyerah dan bocah tersebut berhasil dioperasi pada kesempatan yang ketiga kalinya.

Akan tetapi penyakit yang diderita Naira Azura kembali kambuh usai dioperasi. Kepalanya semakin membesar dan berat badannya semakin menurun. Bahkan, kata Marhamah, berat badan Naira sekarang sudah 5 kilogram 9 ons.

“Banyak hal yang telah kami usahakan untuk mengobati Naira. Dulu ketika kami membawa ke Banda Aceh, waktu itu pelayanannya kurang. Jadi sekarang membawanya ke Medan, semoga Naira masih dapat disembuhkan,” kata Marhamah.

Hal senada disampaikan Zulkifli, 28 tahun, ayah Naira Azura. Ia menyesalkan atas pelayanan yang diberikan pihak RSUZA kepada anaknya.

“Penanganan dan pelayanan rumah sakit di Banda Aceh sangat kurang, bahkan dapat dibilang tidak ada,” katanya.[] (bna)

Leave a Reply