Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Aceh Tengah Tertunda

TAKENGON – Pelantikan Bupati-Wakil Bupati Aceh Tengah ditunda karena Gubernur Aceh Zaini Abdullah menolak melantik sebelum ada kepastian yang jelas tentang permasalahan pilkada. Hal itu dikatakan Penjabat Bupati Aceh Tengah Moch Tanwier kepada The Atjeh Post lewat telepon seluler, Rabu 15 Agustus 2012.

"Walaupun Mendagri telah mengeluarkan SK pelantikannya. Gubernur Aceh akan mengadakan rapat khusus untuk membahas masalah pilkada Aceh Tengah," ujar Tanwier yang akrab disapa Baong. Rencananya, kata Baong, rapat digelar pada 28 Agustus 2012.

"Gubernur Aceh mengundang Muspida Aceh Tengah, Depdagri, KPU Pusat, Bawaslu Pusat Muspida Aceh, KIP Aceh, Panwas Aceh, KIP Aceh Tengah dan Panwaslu Aceh Tengah," ujar Baong.

Ditambahkan Baong, Gubernur menilai ada ketidakberesan dalam pilkada di Aceh Tengah, sehingga menolak melantik bupati-wakil bupati. “Gubernur juga tidak mempermasalahkan siapa yang terpilih,” ujar Baong.

Sedangkan Ketua KIP Aceh Tengah Hamidah mengatakan sejak dikirimnya berkas bupati-wakil bupati terpilih ke Menteri Dalam Negeri, maka tugas mereka sudah selesai. “Bila berkas tersebut kurang, baru KIP dihubungi untuk melengkapi berkas yang dikirim ke Mendagri tersebut," ujar Hamidah.

Hamidah juga membenarkan kalau Surat Keputusan untuk pelantikan telah dikeluarkan oleh Mendagri. Namun Hamidah tidak yakin kalau Gubernur Aceh menolak melantik Bupati-Wakil Bupati terpilih Aceh Tengah periode 2012-2017.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply