Pekan Kedua, Israel Mulai Sasar Masjid dan Rumah Penduduk Gaza

Jet tempur dan sejumlah tank Israel kembali menggempur lebih dari 70 titik di Jalur Gaza. Menurut keterangan pihak kepolisian Palestina, sebanyak lima masjid, stadion bola kaki dan rumah penduduk serta sebuah rumah milik pemimpin sayap militer Hamas dilaporkan hancur akibat serangan tersebut.

Dikutip dari laman Aljazeera, sedikitnya tujuh warga Palestina tewas akibat serangan udara Israel yang dilancarkan pada Selasa pagi, 22 Juli 2014. Saat ini jumlah total warga Palestina yang tewas mencapai lebih dari 580 orang.

Juru bicara kepolisian Palestina, Ayman Batniji mengatakan, sejumlah tank tempur Israel kembali menghancurkan sejumlah pemukiman penduduk di perbatasan teritorial Palestina bagian timur. Sedikitnya 19 bot milik nelayan Palestina dilaporan hancur akibat serangan yang ditembakkan oleh pasukan Angkatan Laut Israel dari wilayah Mediterania.

Reporter Aljazeera, Stefanie Dekker yang langsung melaporkan dari Gaza mengatakan sejumlah artileri kembali ditembakkan oleh pasukan Israel yang terletak berdekatan dengan wilayah perbatasan timur sejak Selasa pagi.

"Sejumlah tank tempur Israel yang diperkirakan berjarak sekitar 700 hingga 800 meter dari wilayah perbatasan dan semakin mendekati wilayah perbatasan," ujar Stefani Dekker.

Sementara itu, Sekjen PBB, Ban Ki Moon, dan Sekretaris Negara Amerika Serikat, John Kerry, telah tiba di Kairo, Mesir, untuk membahas rencana gencatan senjata kedua sejak penyerangan Israel selama dua pekan terakhir.

Saat ini, jumlah warga Palestina yang tewas sejak invansi Israel memasuki hari ke 14 mencapai 583 orang lebih. Korban didominasi wanita dan anak-anak. Sementara itu lebih 3.600 lainnya luka-luka.

Di sisi lain, sebanyak dua tentara Israel tewas terkena hantaman roket milik Hamas yang ditembakkan dari Gaza. Saat ini, jumlah Israel yang tewas mencapai 27 orang, sedangkan di pihak rakyat sipil berjumlah dua orang.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply