Pejabat Pemerintahan Nepal Kunjungi Aceh

BANDA ACEH – Badan Perencanaan dan Pembangunan Aceh hari ini kedatangan tamu istimewa. Sang tamu adalah para pejabat esolon I pemerintah Nepal, negara yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya, Asia Selatan.

"Mereka sudah melaporkan akan ke kantor pukul 09.00 pagi ini," kata Iskandar, Ketua Bappeda Aceh kepada atjehpost.com, Jumat, 19 Oktober 2012.

Iskandar mengatakan, kunjungan rombongan pemerintahan Nepal itu untuk mencari informasi tentang bagaimana Provinsi Aceh dibangun kembali setelah konflik dan bencana tsunami.

Terletak di kawasan pegunungan Himalaya, Nepal  berbatasan dengan Republik Rakyat Cina (Daerah Otonomi Tibet) di sebelah utara dan India di barat, timur, dan selatan.

Menurut wikipedia, Negara Nepal dibentuk melalui Persatuan Nepal pada 21 Desember 1768. Prithvi Narayan Shah menjadi raja pertama. Nepal merdeka dari Inggris pada 21 Desember 1923. Sebelumnya, negara yang terletak di Himalaya ini berstatus protektorat setelah dikalahkan Inggris dalam perang tahun 1815. Pada tahun 1990, Nepal mengubah sistem pemerintahan menjadi monarki konstitusional.

Kemudian pada tahun 2008 kerajaan Nepal resmi dibubarkan dan Nepal berubah menjadi negara republik federal yang sekuler. Perubahan ini setelah pecahnya perang saudara yang memperebutkan tahta kerajaan.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply