Pawai Tabligh Akbar Sambut Idul Fitri Meriahkan Aceh

BANDA ACEH – Pawai takbiran meriahkan kota Sigli menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriyah yang bertepatan dengan 19 Agustus 2012, pada Sabtu 18 Agustus 2012 malam.

Pawai yang mengikut sertakan mobil pribadi dan truk hias membonceng para kafilah, dilepas secara langsung oleh Bupati Pidie, Tgk Sarjani Abdullah. Menurut amatan The Atjeh Post di lapangan, lantunan takbir menggema disambut tabuhan bedug di seantero kota Sigli tersebut.

Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Nagan Raya. Sejumlah Pejabat dan ratusan warga pawai takbir Idul Fitri Tahun 2012 atau 1433 H Kabupaten Nagan Raya, melakukan konvoi bersama rombongan guna memeriahkan hari kemenangan setelah melalui sebulan puasa.

Kegiatan yang dimulai dari halaman masjid Jamik Jeuram sekitar pukul 21. 30 WIB tersebut, dilepaskan langsung oleh Pj Bupati Nagan Raya, Azwir.

Dalam sambutan pelepasan peserta pawai,  Azwir mengatakan kegiatan tersebut untuk memeriahkan kemenangan setelah menyelesaikan sebulan puasa

“Kegiatan ini kita laksanakan bersama untuk memeriahkan hari kemenangan setelah kita melewati sebulan puasa” kata Azwir

Sementara itu, Kepala Syariat Islam, Abdul Kadar Abdullah selaku Ketua Panitia yang di konfirmasi terkait rute perjalanan pawai tersebut menjelaskan, pawai akan dimulai dari Masjid Jamik Jeuram menuju ke arah Kecamatan Beutong dan melewati jalan nasional, kemudian kembali melaui arah jalan Blang Ara serta dilanjutkan sampai wilayah Kecamatan Kuala yang melewati arah perkantoran Seuka Makmu serta berakhir kembali di Masjid Jamik Jeuram.

Kegiatan tersebut, kata Abdul Kadar merupakan kegiatan rutin yang diadakan Pemerintah Nagan Raya setiap tahunya.

"Kegiatan ini rutin setiap tahun kita laksanakan,” kata Abdul Kadar.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply