Paus 16 Meter di Pantai Malaysia Mati Karena Sakit

SABAH – Paus 16 meter yang ditemukan terdampar di wilayah pantai Sabah, Malaysia, Kamis lalu mati karena sakit. Otoritas setempat berusaha mengembalikan paus ini ke laut namun tidak berhasil.

Penyakit diyakini menjadi penyebab kematian ikan paus seberat 10 ton itu. Paus ini terdampar sekitar 12 jam di Sungai Sitompok Kuala Penyu, Kota Kinabalu, Sabah.

Pejabat perikanan setempat mengatakan kondisi paus yang lemah menyulitkan tim penyelamat untuk memindahkannya kembali ke laut terbuka. Upaya keras diambil untuk memindahkan ikan paus kembali ke dalam air namun sia-sia karena paus itu terus datang dan kembali ke pantai.

Bangkai paus itu menurut pejabat tersebut dikubur di dekat pantai. Kontraktor telah ditunjuk untuk mengangkat bangkai dari pantai dan menguburnya di lokasi khusus di Kuala Penyu.

Sebelum terdampar, paus itu diduga terpisah dari kelompok di luar habitat aslinya. "Kami hanya tidak memiliki keahlian dan keterampilan untuk menyelamatkan paus," ujar seorang staf perikanan setempat seperti dikutip Theborneopost.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply