Pastor California bantu Muslim AS hadapi islamofobia

INTENSITAS yang meningkat dari serangan Islamofobia kepada Muslim memicu simpati seorang pendeta Gereja Presbiterian California. Ia pun berinisiatif membantu Muslim melawan Islamofobia.

"Islamofobia di luar sana lahir dari ketakutan, takut akan Muslim dan Islam," kata Pastor Ben Daniel, seperti dilansir San Jose Mercury News, Jumat (6/9).

Menurut Ben, di Amerika Utara, tepatnya pada abad ke -18, tidak ada pernah ada rasa takut yang membuat rasa nyaman. Dia pun mengungkapkan, Islamofobia justru menciptakan dekadensi dalam kemanusiaan.

"Apa yang kita perlukan adalah harapan dan akal sehat. Kita perlu mengenal satu sama lain," kata dia. Ben yang baru saja merilis penelitiannya tentang kebenaran Islam 'The Search for Truth about Islam: A Christian Pastor Separates Fact from Fiction' itu menegaskan perlunya masyarakat AS soal fakta dan fiksi tentang Islamofobia.

"Saya akui tak banyak gereja yang bicara soal ini karena mungkin akan membuat beberapa pihak tidak nyaman," kata dia. Ben mengungkap fakta yang ada menyatakan hanya sebagian kecil Muslim yang sesuai dengan deksripsi negatif dari masyarakat AS.

Menurutnya, ini yang perlu diperhatikan. Sebabnya, penggunaan harapan dan akal sehat jadi kuncinya. Kolega Ben, Pendeta Steve Harrington, menilai masyarakat AS sebenarnya tertarik belajar tentang budaya dan agama yang berbeda. "Saya kira ini yang harus dikejar," kata dia. | sumber : republika

  • Uncategorized

Leave a Reply