Partisipasi Masyarakat Biruen pada Pilpres Menurun

TINGKAT partisipasi pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada pemilihan presiden, Rabu 9 Juli 2014 di Kabupaten Bireuen diperkirakan menurun dibanding partisipasi masyarakat daerah itu pada pemilu legislatif lalu.

Bahkan ada kecenderungan, pemilih dari kalangan perempuan lebih tinggi dibanding tingkat partisipasi kaum laki-laki. Diduga selain sebab bulan Ramadhan, faktor ketidakhadiran pemilih laki-laki di TPS sebab begadang menonton piala dunia.

Agusni SP, Komisioner KIP Bireuen yang dihubungi mengatakan dari hasil tinjauan yang dilakukannya di sejumlah TPS di sejumlah kecamatan. Para pemilih kelihatan lebih banyak perempuan.

"Tetapi untuk jelasnya masih harus menunggu rekapitulasi suara dari seluruh kecamatan, kalau potensi pemilih yang tidak hadir ke TPS adalah pemilih laki-laki terutama remaja," ucap Agusni yang mengatakan dia mendapat tugas melakukan pengamatan di kawasan tengah Kabupaten Bireuen.

Saiful Hadi, komisioner KIP Bireuen lainnya mengatakan secara umum tidak ada kendala dalam proses pemungutan suara pemilihan presiden, di semua TPS berlangsung dengan lancar dan sesuai yang diharapkan.

"Saya melakukan pemantauan di kecamatan wilayah barat Bireuen, dari pengamatan seluruh proses berjalan lancar, soal tingkat partisipasi yang menurun mungkin saja demikian, tetapi angkanya masih harus menunggu yang resmi," ucap Saiful Hadi. []

  • Uncategorized

Leave a Reply