Partai Pembuka Piala Dunia 2014: Brasil Vs Kroasia

Hari ini, 12 Juni 2014 waktu Brasil atau 13 Juni dinihari waktu Indonesia, perhelatan Piala Dunia 2014 akan dibuka dengan laga tuan rumah Brasil melawan Kroasia. Pertandingan ini digelar di Stadion Are de Itaquera. Bagaimana persiapan kedua tim? 

Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari dengan penuh percaya diri berkata kepada BBC,"Mari saya sampaikan bahwa waktunya telah tiba. Ini adalah Piala Dunia kami." 

Di tengah membajirnya protes tentang perhelatan Piala Dunia yang dianggap memboroskan anggaran, Tim Samba optimis menatap peluang dan dijagokan akan menjadi juara untuk Piala Dunia untuk keenam kalinya. 

Di sisi lain, Kroasia juga tak gentar dengan nama besar Brasil. 

Dalam lima pertandingan internasional terakhir, mereka tak terkalahkan. Kroasia membentuk Mali dan Australia dalam dua pertandingan pemanasan.

Pelatih Kroasia, Niko Kovac, mengatakan sudah menyiapkan strategi khusus meredam kedigjayaan tim samba. "Kami tahu cara menghentikan Neymar dan Brasil," kata Kovac, Kamis, 12 Juni 2014. 

"Brasil tidak hanya Neymar, mereka punya tim yang hebat. Tapi Kroasia juga punya pemain-pemian yang tangguh," ujarnya. 

Kovac menjanjikan akan menyerang di awal-awal pertandingan. 

Brasil dan Kroasia bercokol d Grup A bersama Meksiko dan Kamerun. 

Kroasia dan Brasil pernah bertemu di Piala Dunia 2006 di Jerman. Hasilnya, Brasil menang 1-0. Pada Agustus 2005, Kroasia mengimbangi Brasil 1-1. 

Menurut Kovac, pertemuan delapan tahun silam itu membuatnya belajar dari kekalahan. Itu sebabnya, ia berjanji akan memberi kejutan nanti malam. 

Di lini depan, Kroasia punya Ivan Perisic, Nikica Jelavic dan Ivica Olic. Sayangnya, pemain andalan mereka Mario Mandzukic tak bisa tampil.

Namun, Kroasia masih bisa mengandalkan Luka Modric dan Ivan Rakitic yang biasanya cukup jenius mengendalikan permainan. 

Sementara Brasil mengandalkan Thiago Silva dan David Luiz di lini belakang. Bermain di kampung sendiri tentu menjadi nilai lebih tersendiri bagi Brasil. 

Dengan komposisi seperti itu, kejutan bisa saja terjadi. 

Perkiraan Line-Up

Brasil (4-2-3-1): Julio Cesar, Alves, David Luiz, Thiago Silva, Marcelo, Luiz Gustavo, Paulinho, Oscar, Hulk, Fred, Neymar

Kroasia (4-2-3-1): Pletikosa, Srna, Lovren, Vida, Pranjic, Perisic, Modric, Brozovic, Kovacic, Eduardo, Jelavic.

  • Uncategorized

Leave a Reply