Parmusi Buka Puasa Bersama Rohingya dan Resmikan Pesantren Ramadan

Parmusi Buka Puasa Bersama Rohingya dan Resmikan Pesantren Ramadan

LHOKSEUMAWE – Dewan Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi) menggelar buka puasa perdana bersama pengungsi Rohingya di Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, Kamis, 18 Juni 2015, sore. Parmusi juga meresmikan Pesantren Ramadan untuk pengungsi Rohingya tersebut.

“Kita berbuka puasa dengan para pengungsi sekaligus meresmikan Pesantren Ramadan untuk mereka. Ini kita tujukan agar para pengungsi mempunyai kegiatan yang fokus di bulan Ramadan,” kata Ketua Umum DPP Parmusi, Usamah Hisyam.

Usamah Hisyam mengatakan pihaknya akan memberdayakan kader-kader Parmusi di Aceh untuk menjadi relawan pengajar Pesantren Ramadan. “Guru-guru nanti kita datangkan dari Parmusi pusat, dan juga kader-kader Parmusi Aceh. Mereka telah membuat modul-modul khusus bertujuan agar para pengungsi terutama anak-anak yang kini putus sekolah tetap bisa mendapatkan edukasi,” ujarnya.

Ia menyebut Pesantren Ramadan  didirikan untuk memberi edukasi serta melepas ketegangan terhadap mereka yang selama ini terombang-ambing di lautan lepas. “Pesantren  tersebut nantinya akan mengajarkan pelajaran-pelajaran yang berguna bagi para pengungsi Rohingya selama di Indonesia,” kata Usamah Hisyam.

Hingga kini Parmusi telah  memberikan bantuan Rp1,1 miliar untuk pengungsi etnis Rohingya selama berada di Aceh.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wali Kota Banda Aceh dan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Ketua DPRA diwakili Azhari alias Cage, Wakil Ketua Komisi I DPRA.[]

Foto kegiatan Parmusi buka puasa bersama Rohingya di lokasi pengungsian di Blang Adoe, Kuta Makmur, Aceh Utara. @Datuk Haris Molana

Leave a Reply