Panwaslu Lhokseumawe Proses Kasus Politik Uang

PANITIA Pengawas Pemilu Lhokseumawe memproses kasus dugaan politik uang terkait pemilu 2014. Kasus bagi-bagi uang yang dilakukan tim sukses salah satu calon anggota legislatif (caleg) dari partai politik nasional itu telah diteruskan ke Polres Lhokseumawe.

“Pada masa tenang (pascakampanye), kami menerima laporan dari salah satu warga Desa Blang Panyang, Kecamatan Muara Satu, tentang money politics yang dilakukan tim sukses salah satu caleg. Kemudian kami panggil saksi dan pelapornya, karena sudah cukup syarat formil dan materilnya, kasus itu sudah kita teruskan ke pihak kepolisian,” kata Ketua Panwaslu Lhokseumawe, Zainal Bakri, kepada atjehpost.com, Rabu 16 April 2014.

Panwaslu juga sudah menindaklanjuti ke polres terkait kasus dugaan bagi-bagi kain sarung pada masa tenang yang juga terjadi di Blang Panyang. “Menyangkut pelanggaran pemilu,  laporan yang paling banyak sejak masa tenang adalah terkait pidana pemilu, sekitar enam kasus termasuk money politik. Pelaku atau terlapor, sebagian caleg itu sendiri dan ada pula timses salah satu partai politik,” ujar Zainal Bakri.

Zainal Bakri mengharapkan ke depan masyarakat lebih aktif mengawasi setiap tahapan pemilu. “Keterbatasan kami tidak mampu menjangkau sedemikian banyaknya pelanggaran yang terjadi, mudah-mudahan partisipasi masyarakat ke depan terus meningkat agar pemilu lebih baik,” katanya.[] Laporan: Muhammad Fazil

  • Uncategorized

Leave a Reply