Panwaslu Bireuen Segera Tuntaskan Aduan Pengusung Kandidat

BIREUEN – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bireuen segera memplenokan tentang laporan pengaduan salah satu pihak terhadap pengusung Hamdani Raden-Murdani Yusuf, calon Bupati-Wakil Bupati Bireuen periode 2012-2017.

“Sekarang kami sedang di Banda Aceh untuk berkonsultasi dengan Panwaslu Aceh,” ujar Abdul Majid, Ketua Divisi Penanganan dan Penyelesaian Sengketa Panwaslu Bireuen dihubungi melalui telepon seluler, Jumat 18 Mei 2012.

Usai berkonsultasi ke Panwaslu Aceh, sebut Abdul Majid, Panwaslu Bireuen akan menggelar rapat pleno untuk mengambil kesimpulan terhadap laporan pengaduan Aminullah Amin, mengaku Pelaksana Tugas DPD Partai Demokrat Bireuen terhadap M Ali M Amin, juga mengaku Ketua DPD Partai Demokrat Bireuen.

Dengan rapat pleno Panwaslu Bireuen terhadap kasus tersebut, ujar Abdul Majid, sekaligus Panwaslu akan melahirkan sebuah rekomendasi untuk diserahkan kepada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen sebagai penyelenggara pemilu.

Setelah menerima laporan pengaduan dugaan pelanggaran tersebut beberapa waktu lalu, kata Abdul Majid, Panwaslu Bireuen sudah mengundang para pihak untuk dimintai keterangan dan menyerahkan bukti-bukti yang dimiliki.

Para pihak yang sudah dimintai keterangan yaitu pelapor Aminullah Amin, terlapor M Ali M Amin, penyelenggara pemilu KIP Bireuen, dan pasangan calon Hamdani Raden-Murdani Yusuf yang diusung Partai Demokrat kubu M Ali M Amin berkoalisi dengan Partai Persatuan pembangunan (PPP).

“Jadi laporan dugaan pelanggaran itu akan segera tuntas dan masing-masing pihak akan mengetahui hasil rekomendasi Panwaslu Bireuen,” ujar Abdul Majid.

Diberitakan sebelumnya delapan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Bireuen sudah mendapatkan nomor urut. Tetapi belum tentu mereka sudah aman. Sebab ada satu pasangan yang ternyata diadukan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Bireuen.

Memang yang mengadu bukan langsung menyasar pasangan itu, yaitu Hamdani Raden-Murdani Yusuf yang diusung koalisi Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan. Yang diadukan adalah pihak pengusung yang dilaporkan tidak sah. []

  • Uncategorized

Leave a Reply