Pantau Kedisiplinan PNS, Banda Aceh Luncurkan e-Disiplin

Pegawai Negeri Sipil di Pemerintah Kota Banda Aceh kini tidak bisa lagi sembarangan bolos kerja. Keberadaan mereka akan terus dipantau oleh Wali Kota, Sekda dan atasan mereka melalui aplikasi e-Disiplin.

Aplikasi absensi online dan monitoring disiplin PNS yang dikenal dengan e-disiplin merupakan instrumen bagi Pemko Banda Aceh untuk membina sekaligus memberi penghargaan dan saksi bagi PNS yang melanggar Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010.

Aplikasi ini diluncurkan langsung oleh Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal di Aula Lantai IV,  Gedung A Balai Kota Banda Aceh, Senin 1 September 2014.

Illiza mengatakan pada tahap awal penerapan e-Disiplin PNS hanya berlaku pada 5 SKPD yaitu Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRK, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu.

"Semua ini dilakukan sebagai upaya pembinaan PNS dan sebagai upaya untuk mendorong terwujudnya Banda Aceh model Kota Madani," ujar Illiza.

Ia memastikan e-Disiplin ini bukanlah sesuatu hal yang perlu dirisaukan oleh PNS kota, karena disiplin merupakan bagian dari ajaran Islam.

Sementara itu kabag Administrasi Pembangunan, Maulidar,  saat mempresentasikan
e-Disiplin PNS menyebutkan aplikasi E-Disiplin PNS ini dirancang dalam rangka memudahkan trio pemimpin (wali kota, wakil wali kota dan sekda) dalam melakukan pengawasan kedisiplinan PNS secara real time yang dapat diakses di mana dan kapan saja.

Selain pimpinan, aplikasi ini juga dapat diakses oleh masyakarat untuk melakukan pengawasan langsung terhadap tingkat kedisiplinan PNS melalui link disiplin.bandaacehkota.go.id.

Aplikasi Absensi Online dan Monitoring Disiplin PNS ini menyajikan 5 menu utama yaitu, menu Absensi, menu ini menampilkan data pegawai di seluruh SKPD dan data atasan langsung.  Menu Absensor SKPD, menu ini digunakan oleh setiap absensor SKPD untuk mengubah status pegawai. Kemudian ada menu peringkat SKPD yang menampilkan persentasi kedisiplinan pegawai pada setiap unit kerja. Ada juga menu Sanksi, menu ini secara otomatis mendeskripsikan jenis sanksi setiap PNS secara real time. Dan yang terakhir  menu regulasi, pada menu ini menampilkan regulasi teknis terkait disiplin PNS.

Turut hadir pada peluncuran apliksai E-Disiplin ini, Kepala Ombudsman RI-Perwakilan Aceh Taqwaddin,MS, Sekda Kota Banda Aceh T Saifuddin TA, Asisten II Bahagia, Asisten III M Nurdin, para staf ahli wali kota, para kepala SKPD serta ratusan PNS jajaran Pemko.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply