Pantai merah Simeulue lokasi favorit penyu belimbing bertelur

PANTAI dengan pasir merah di Gampong Putera Jaya di Simeulue ternyata disukai penyu untuk berkembang biak.

Pantai tersebut berada sekitar 60 kilometer dari pusat Pemerintahan Kabupaten Simeulue. Permukaannya pasirnya berkontur gembur, sehingga mudah digali menjadi lubang sedalam satu meter untuk tempat menyimpan telur-telur penyu.

Pantai merah yang membentang sepanjang lima kilometer itu sering dijadikan tempat bertelur penyu-penyu belimbing yang dilindungi pemerintah.

“Mungkin sudah ratusan tahun pantai gampong kita ini menjadi tempat bertelur penyu belimbing. Memang pantai itu sangat gembur dan mudah digali penyu untuk bertelur,” ujar Kepala Mukim Gampong Putera Jaya, Rabuinsyah, kepada ATJEHPOSTcom pada Kamis kemarin, 21 Februari 2013.

Hal tersebut juga dibenarkan warga setempat Misnan, menurutnya selain penyu belimbing yang menyukai pantai tersebut juga sejumlah penyu berbadan kecil.

“Tidak hanya penyu belimbing, juga penyu lain sering bertelur di sini. Musim bertelur penyu di sini biasanya pada musim timur,” katanya.

Namun, baik Rabuinsyah maupun Misnan, mengaku menyesali tindakan masyarakat yang terus memburu dan mengambil telur penyu sejak puluhan tahun.

Tetapi setelah mengetahui bahwa satu-satunya pantai tersebut yang sangat disukai penyu, maka warga berinisiatif menjadikannya sebagai tempat penangkaran penyu sekaligus objek wisata alam.[] (ihn)

  • Uncategorized

Leave a Reply