Pakar hukum: Soal perbedaan nama Haji Bakri di SK bisa disebut kriminal

SURAT Keputusan pelantikan Muhammad Usman atau Haji Bakri sebagai Kepala Bidang Pembinaan SDM di Badan Pendidikan dan Pembinaan Dayah (BPPD) Aceh, ternyata menimbulkan kontroversi di Badan Dayah Aceh.

Selain diduga berbuat mesum, perbedaan nama di SK dengan nama sebenarnya juga menimbulkan tanda tanya bagi sebagian besar pegawai di BPPD Aceh.

“Bapak (Haji Bakri-red) masuk pertama Kamis, terus silaturahmi dengan pegawai di sini. Pertama kami tidak tahu kalau itu Haji Bakri, karena di SK tercantum nama Muhammad Usman,” ujar seorang pegawai di Badan Dayah Aceh kepada ATJEHPOSTcom, Jumat 8 Februari 2013.

Informasi yang diperoleh ATJEHPOSTcom, Haji Bakri dulunya staf di Dinas Perhubungan Aceh, dan sebelumnya juga sempat di Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh.

Namun di kedua dinas itu, namanya Drs.H.M Bakrie Usman. Nomor Induk Pegawai (NIP) Haji Bakri adalah 19570810 198503 1 005.

Namun, dalam Lampiran SK Gubernur tentang pengangkatan pejabat tertanggal 4 Februari 2013, nama dengan NIP yang sama hanya tertulis: Drs. H. Muhammad Usman, M.Si.

Guru Besar Hukum Administrasi Negara di Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala Profesor Husni Jalil mengatakan harus dibuktikan dulu apakah ada unsur kesengajaan dalam perbedaan penulisan nama Haji Bakri di SK pelantikan.

Menurut Husni Jalil, seharusnya nama seorang PNS sebagai pejabat tidak boleh berubah dan berbeda dengan SK pengangkatan sebagai PNS. “Harus mengacu kepada nama yang tertera di SK,” kata Husni Jalil yang dihubungi ATJEHPOSTcom, Jumat 8 Februari 2013.

Menurut Husni, gubernur atau pejabat terkait lainnya harus mengecek ulang SK pengangkatan Haji Bakri itu karena ada perbedaan nama. “Apakah perbedaan itu disengaja atau tidak,” kata Husni Jalil.

Dia mengatakan, jika nanti terbukti perbedaan nama dalam SK pelantikan Haji Bakri dengan nama yang tertera dalam SK pengangkatan PNS, bisa dikatakan telah terjadi tindak pidana pemalsuan identitas atau tindakan kriminal.[]

Berita Sebelumnya:
Kepala Badan Dayah: Haji Bakri tidak cocok di Badan Dayah

  • Uncategorized

Leave a Reply