Otonomi Khusus Sebabkan Penempatan Pegawai di Dishub Tidak Sesuai Keahlian

MEULABOH – Kepala Dinas Perhubungan dan Pariwisata (Dishubpar) Aceh Barat, Saiful AB, menilai penempatan para pegawai di dinas tersebut tidak sesuai dengan keahlian yang dimiliki mereka.

Hal ini menurutnya dipicu oleh faktor otonomi khusus, sehingga pegawai di dinas terkait bukan hanya tidak paham pada tugas dan tanggung jawab mereka tetapi juga kurang disiplin.

Hal tersebut disampaikan Saiful kepada The Atjeh Post, Selasa, 14 Agustus 2012 kemarin. Ia juga menjelaskan jika sebelum adanya otonomi khusus Departemen tersebut langsung ditangani oleh Kementerian Perhubungan, namun sejak adanya otonomi khusus hal tersebut tidak diberlakukan lagi.

Menurutnya jika penempatan pegawai di Dinas Perhubungan terus dilakukan sesuka pemerintah daerah maka kinerja dinas tersebut sulit berjalan dengan baik. Akibat dari tidak adanya lagi pegawai yang dilatih khusus oleh pusat.

“Kalau dulu pegawai Perhubungan ditempatkan berdasarkan kelulusan melalui Departemen Perhubungan pusat sehingga mereka mengerti tugas dan fungsi pokok mereka, kini malah sebaliknya,” kata Saiful.

Ia menilai jika sistem seperti ini terus dilakukan, maka otonomi khusus dianggap tidak efektif. Ia berharap kepada pemerintah daerah terpilih ke depan bisa merekrut secara khusus para pegawai yang ingin ditempatkan di Dinas Perhubungan.

“Selama otonomi khusus dijalankan di daerah, bahkan pegawai yang dulunya dikelurahan atau desa malah ditempatkan di Dinas Perhubungan, inikan lucu,” ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply