Ombudsman: Pengiriman Dokumen UN Bermasalah di Daerah

PELAKSANAAN Ujian Nasional di Banda Aceh dan Aceh Besar secara umum berjalan lancar hingga hari kedua, Selasa, 15 April 2014. Hal tersebut berdasarkan pantauan tim jaringan kerja Ombudsman di daerah tersebut yang tidak menemukan potensi penghambat pelaksanaan UN.

“Semoga tahapan selanjutnya juga tertib dan lancar,” ujar Kepala Perwakilan Ombudsman RI Aceh, Dr Taqwaddin kepada ATJEHPOSTcom.

Namun dirinya mengatakan ada beberapa catatan khusus terkait masalah pendistribusian dokumen UN di sejumlah kabupaten, di Aceh. Menurutnya, beberapa dokumen UN tersebut ada yang salah sasaran dan tertukar antar kabupaten serta ketidaksesuaian antara amplop dengan isinya.

"Untuk efektivitas, efesiensi dan memudahkan distribusi, kami melihat penggandaan dokumen UN di daerah bisa menjadi solusi terhadap masalah tersebut,” ujarnya.

Hal ini, kata dia, bisa merujuk kepada apa yang dilakukan oleh Panitia Seleksi Nasional Rekrutmen CPNS beberapa waktu lalu, yang menyerahkan penggandaan dokumen ujian CPNS Jalur Umum kepada masing-masing Panitia Seleksi Daerah.

”Ujian CPNS bisa, saya yakin UN pun bisa. Tentu dengan pengawasan, pengamanan dan pengawalan yang super ketat dari berbagai elemen, instansi dan lembaga berwenang,” katanya.

Seperti diketahui, terdapat lima perusahaan percetakan menjadi penanggung jawab percetakan dan pendistribusian dokumen UN yang membawahi 8 regional tahun 2014. Aceh masuk dalam regional 1 bersama Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat yang ditangani oleh PT. Karya Kita yang beralamat di Bandung, Jawa Barat.

Selain itu, kata dia, Ombudsman RI Perwakilan Aceh akan tetap mobile memantau UN hingga hari terakhir, baik di Banda Aceh dan Aceh Besar maupun di daerah lainnya. Ombudsman juga menyediakan nomor sms pengaduan untuk mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran selama pelaksanaan ujian.

“Silahkan kirim pengaduan dengan menyebut identitas dan laporan ke 0811228234,” katanya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply