Olla, dara Gayo yang lihai menggesek biola

TIDAK ada pemusik di Takengon dan Bener Meriah yang tidak mengenal nama Olla, gadis penggesek biola kelahiran Takengon 7 desember 1990. Gadis bernama lengkap Hasni Rinolla Hasibuan ini kemudian menjadi satu-satunya penggesek biola asal  Gayo yang meraih Sarjana Pendidikan Musik di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Olla diwisuda  17 April 2013 lalu.

Memilih dunia musik sudah dimulai sejak duduk di bangku Sekolah Menengah pertama (SMP) Negeri 1 Takengon. Awalnya, Olla lebih memilih piano tapi ayahnya, Acrial Hasibuan atau biasa dipanggil Aman Ega, menganjurkan Olla bermain Biola.

"Ayah yang memilih Biola," kata Olla melalui telepon seluler kepada ATJEHPOSTcom, Selasa 30 Mei 2013 kemarin dari Bandung.

Anak kedua pasangan Acrial Hasibuan dan Arlaina ini memang punya semangat untuk Aceh, terutama keinginan memperkenalkan seni-seni Aceh hingga ke tingkat dunia. "Olla berharap kesenian, terutama musik di Aceh bisa berkembang dari waktu ke waktu," ujar alumni SMAN 4 Takengon ini.

Olla mengatakan, pertama kali mengenal biola sejak duduk di kelas 1 SMP. Di Takengon dia ikut kursus musik di Zola. Hebatnya, dia diajarkan langsung oleh maestro biola di Takengon, almarhum AR Moese. "Kursus biola dengan Kakek Moese efektifnya hanya 4-5 bulan saja, karena beliau sudah tua dan sakit," jelas Olla.

Namun tidak sampai di situ, beberapa tahun sebelum tamat SMA Olla terus berlatih dan memainkan biola di Komunitas Seniman Muda Aceh (Kosma) dan BMK (Bengkel Musik Kunci), dua sanggar musik di Takengon.

Setamat SMA tahun 2008, Olla lalu melanjutkan kuliah ke Universitas Pendidikan Indonesia. Di kampus Olla terus berlatih biola hingga di semester 3 dia memilih mata kuliah instrument pilihan wajib gesek (spesialisasi) yaitu biola.

"Rugi belajar biola sekedar mengenal," kata Olla yang menjadikan kesenian Gayo sebagai tema skripsinya.

Tentu, maksudnya Olla ingin mendalami ilmu musik biola ini, dan  melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dian bergabung dalam Orkestra Bumi Siliwangi. Bermain orkestralah alasan kuat Olla bermusik.

Meski gelar musiknya Sarjana Pendidikan, Olla masih terus ingin mendalami biola. Katanya, Mengajar itu pilihan setelah ilmu bermusik cukup. "Masih harus banyak belajar," kata Gadis yang sekarang aktif latihan di kampus.

Pesan Olla kepada generasi di Aceh sederhana saja, bermusiklah sebagai profesi, jangan dijadikan sekedar hobbi, karena bermusik juga dapat menghidupi. Pengalaman itulah yang dirasakan Olla, walau belum selesai kuliah dia telah melatih orang bermain biola, katanya sekedar menambah tabungan saja.

"Bermusik harus yakin, dan semangat itu berguna bagi orang lain. Olla akan terus menimba Ilmu, hingga nanti bisa bermusik dengan baik, sejauh ayah dan mama bisa bahagia juga," katanya.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply