Olahraga seminggu sekali cukup, asal harus dua setengah jam

SELAMA ini para ahli selalu menyarankan agar kita rajin berolahraga secara rutin setiap hari. Namun penelitian terbaru menyebutkan kalau olahraga seminggu sekali saja cukup, asalkan kita melakukannya selama dua setengah jam berturut-turut.

Menurut peneliti dari Queen's University, siapapun yang bisa berolahraga selama 150 menit di akhir pekan mampu mendapatkan manfaat yang sama dengan mereka yang rutin berolahraga setiap hari.

"Terkadang banyak orang terlalu sibuk di hari aktif bekerja sehingga mereka tidak bisa berolahraga secara rutin. Jadi asalkan mereka bisa memenuhi waktu 150 menit untuk olahraga dalam sehari saja, itu sudah termasuk menyehatkan," terang kepala peneliti Dr Ian Janssen, seperti yang dikutip dari Daily Mail.

Panduan kesehatan memang menyarankan agar orang dewasa melakukan aktivitas fisik setiap hari dengan total 150 menit. Namun tidak ada aturan pasti apakah olahraga itu sebaiknya dilakukan 20-25 menit setiap hari, atau 150 menit langsung salam sehari.

Penelitian ini pun membuktikan bahwa manfaat kesehatan dari olahraga 150 menit bisa didapat, tidak peduli apakah seseorang melakukannya sedikit demi sedikit setiap hari atau langsung dalam sehari saja.

Hasil penelitian kemudian diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply