Objek Wisata Aceh Barat Daya Kurang Terawat

BLANGPIDIE – Kabupaten Aceh Barat Daya salah satu kabupaten yang memiliki potensi objek wisata yang luar biasa. Baik wisata pengunungan maupun wisata laut. Sayangnya, objek pariwisata di Abdya tidak terawat.

Amatan wartawan ATJEHPOSTcom di beberapa lokasi objek wisata terlihat kotor, seperti pantai Tepin Mane yang berada di gampong Lama Tuha Kecamatan Kuala Batee. Penduduk gampong Lama Tuha dusun Lama Muda tersebut mayoritas berprofesi sebagai nelayan dan petani.

Gampong itu masuk dalam kategori daerah terpencil yang ada di kabupaten Aceh Barat Daya. Beberapa tahun lalu, untuk menuju gampong tersebut harus menaiki rakit. Sekitar dua tahun yang lalu, gampong itu sudah dibangun jembatan namun jaraknya semakin jauh.

Jalan menuju ke gampong Lama Tuha masih jalan batu. Padahal gampong tersebut merupakan gampong yang pernah memiliki kejayaan pada tahun 1830 M. Di sana sebagai pusat pelabuhan ekspor lada sebelum pelabuhan tersebut diserang oleh marinir Amerika pada tahun 1832 M.

Kuala atau danau di gampong Lama Tuha terlihat indah. Jika hal tersebut dimanfaatkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sana dan dapat menambah Pendapatan Alokasi Daerah (PAD) Abdya.

Selain Lama Tuha, Aceh Barat Daya juga memiliki lokasi wisata lainnya. Seperti Pantai Jilbab yang berada di dua gampong yaitu gampong Kedai Palak Kerambi dan gampong Kedai Susoh, Kecamatan Susoh. Ada pula lokasi wisata bahari lainnya seperti Pantai Bali Gampong Ladang yang berjarak satu kilometer dari Pantai Jilbab.

Pantai lainnya yang layak dijadikan kawasan wisata seperti Pantai Cemara Indah. Pantai ini berada di Gampong Pulau Kayu. Namun sudah mati suri padahal dulunya ramai wisatawan ke tempat tersebut. Pantai ini kemudian menjadi sepi karena konflik.

Beberap lokasi lainnya yang kerap dikunjungi wisatawan yaitu Pucok Krueng Alue di gampong Alue Selaseh Kecamatan Jeumpa dan irigasi Kuta Tinggi Kecamatan Blangpidie.

Sayangnya, lokasi-lokasi yang disebutkan tadi kurang terawat. Banyak sampah menumpuk yang dapat menggangu keindahan lokasi wisata tersebut.[bna]

  • Uncategorized

Leave a Reply