Nurzahri Sesalkan Tak Ada Agenda Khusus Mengenang Hasan Tiro

SOSOK Hasan Tiro merupakan salah satu putra Aceh yang menjadi panutan. Secara ideologis pemikiran Hasan Tiro telah banyak mengangkat harkat dan martabat Rakyat Aceh di mata dunia.

"Secara pribadi saya melihat Hasan Tiro merupakan sosok yang harus menjadi suri tauladan karena sampai saat ini saya belum menemukan sosok putra Aceh yang mampu menyamai beliau. Kalaupun pun ada, tidak sepenuhnya dapat menyamai karakter dan keperibadian beliau," ujar Wakil Ketua Komisi A DPRA, Nurzahri, ketika diwawancarai ATJEHPOST.co saat silaturrahmi perpisahan anggota DPRA di gedung DPRA, Banda Aceh, 27 September 2014.

Menurutnya karakter dan kepribadian Hasan Tiro haruslah dijadikan contoh bagi pemimpin Aceh. Pasalnya berkat tekad dan usaha keras Hasan Tiro, Aceh mendapatkan banyak keistimewaan seperti Otonomi Khusus.

Namun politisi Aceh ini menyayangkan sikap Pemerintah Aceh yang tidak pernah membuat agenda khusus untuk mengenang jasa Hasan Tiro. Padahal banyak tokoh yang memegang tampuk pemerintahan di Aceh saat ini adalah pelaku yang terlibat langsung dalam perjuangan Hasan Tiro.

"Kalaupun ada perayaan itu hanya sebatas seremonial saja, selebihnya tidak. Ini sungguh disayangkan karena perdamaian baru saja dirajut 10 tahun lalu. Bagaimana kalau 10 tahun ke depan yang mungkin sudah banyak masyarakat Aceh yang sudah tidak mendengar nama dan sejarah beliau," ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply