Norwegia Bicarakan Kerjasama dengan Aceh

DPR Aceh menerima kunjungan delegasi kesehatan jiwa Hedmark University College, Norwegia. Pertemuan kedua pihak berlangsung di ruang rapat pimpinan DPR Aceh di Banda Aceh yang dipimpin Wakil Ketua DPR Aceh Muhammad Tanwier Mahdi, Selasa, 18 Februari 2014.

Turut hadir Ketua Komisi F DPR Aceh, Zuriat Suparjo, Direktur Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh Dr Amren Rahim, M.Kes, serta sejumlah pejabat terkait lainnya.

Sementara delegasi Norwegia dipimpin Prof. Arild Granerud beserta isterinya Linne Sumelius dan dua mahasiswi Hedmark University College, yakni Merete Satherness dan Ingen Amb.

"Kunjungan delegasi Norwegia ini merupakan kunjungan balasan. Beberapa bulan lalu, Komisi F DPR Aceh sempat berkunjung ke Norwegia,” kata Wakil Ketua DPR Aceh Muhammad Tanwier Mahdi.

Ia mengatakan antara Pemerintah Aceh dengan Hedmark University College sudah lama bekerja sama di bidang kesehatan jiwa. Dalam pertemuan itu kedua pihak membicarakan kesehatan jiwa.

“Kami berharap kerja sama ini terus berjalan. Sebab, Aceh masih membutuhkan bantuan dalam penanganan kesehatan jiwa,” ungkap politisi Partai Demokrat tersebut.

Sementara itu, Prof Arild Granerud mengatakan kunjungannya ke Aceh untuk yang ke enam kali itu guna melihat sejauh mana perkembangan kerjasama kesehatan jiwa dengan Rumah Sakit Jiwa Banda Aceh.

“Banyak sudah kemajuan yang dicapai dari kerjasama ini. Termasuk beberapa mahasiswa Aceh yang berhasil meraih gelar master bidang kesehatan jiwa di Norwegia,” katanya.

Menurut dia, kerjasama kesehatan jiwa membutuhkan waktu yang panjang. Karena itu, diharapkan kerjasama kesehatan jiwa ini bisa berlangsung di masa mendatang.

Ketua Komisi F DPR Aceh Zuriat Suparjo mengatakan DPR Aceh mendukung kerjasama dengan Norwegia di bidang kesehatan jiwa. Oleh karena itu, Komisi F DPR Aceh akan memanggil mitra kerja dan meminta mereka mengajukan program berkaitan dengan kesehatan jiwa.[] sumber: antaraaceh.com

  • Uncategorized

Leave a Reply