Nina Duta Wisata Aceh Besar 2014; Antara Kampus dan Karir

Nina Duta Wisata Aceh Besar 2014; Antara Kampus dan Karir

Nina Maulidia Rizka, lekat disapa Nina. Ia Duta Wisata Aceh Besar 2014 dan tercatat sebagai mahasiswi tingkat akhir di Ilmu Komunikasi FISIP Unsyiah. Dara asal Lhoong, Aceh Besar, ini aktif di beberapa organisasi. Ia diamanahkan menjadi Bendahara Umum Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Lhoong (IPPEMAL) serta pernah aktif pada Himpunan Mahasiswa Komunikasi (HIMAKASI) periode 2012-2013.

Dara kelahiran Aceh Besar, 11 November 1993 tersebut juga memperoleh beberapa prestasi, yaitu Runner Up Duta Wisata Provinsi Aceh 2014, Inong Duta Wisata Aceh Besar 2014, dan Mahasiswi Bidikmisi Berprestasi versi Kemendikbud 2013. Mahasiswi penyandang IPK 3,7 ini juga bekerja sebagai customer service di salah satu toko usaha sablon baju.

Nina mampu menyeimbangkan antara kegiatan kampus dan karirnya di luar. Menurut mahasiswi semester delapan ini, kuliah dan kegiatan pengembangan diri lainnya itu dapat berjalan seiringan. “Jadwal kuliah sekarang ini dapat diatur dan tidak penuh seharian seperti anak sekolah. Jadi waktu-waktu luang itu dapat digunakan untuk melakukan kegiatan positif lainnya,” ujar anak kedua dari tiga bersaudara ini kepada portalsatu.com, Jumat, 10 Juli 2015.

Katanya, ketika ia terpilih menjadi Duta Wisata Aceh Besar, masih banyak mata kuliah yang harus diambil, berbeda dengan sekarang hanya mengerjakan skripsi. Namun waktu itu ia dapat menjalankan semuanya dengan baik. Bahkan ia juga memiliki kerja part time. “Walaupun terkadang harus ada yang harus dikorbankan jika kebetulan ada jadwal yang saling berbenturan. Tetapi disitulah saya melatih tanggung jawab dan cara pengambilan keputusan terhadap diri saya sendiri,” tutur Nina mahasiswi yang hobi baca buku ini.

Dalam hidupnya, Nina memiliki orang yang sangat berpengaruh, yaitu keluarga dan kedua almarhum orangtuannya serta adik dan abangnya. “Mereka sangat memahami sifat dan keinginan saya dan mereka itu selalau ada untuk saya,” kata pencinta travelling ini.

Nina memiliki cita-cita menjadi pengusaha sukses, motivasinya dalam mengikuti berbagai kegiatan adalah untuk melatih dirinya menjadi lebih baik lagi dan belajar lebih banyak lagi.

“Saya dari dulu senang berkomunikasi dengan banyak orang, saya suka hal-hal baru dan selalu kagum ketika melihat sesuatu yang baru pada diri saya,” ujarnya. Ia yakin dekat atau jauh, besar atau kecil hal yang dilakukannya pasti ada sesuatu yang diperoleh nantinya. “Harapan saya pemuda-pemudi Aceh menjadi pemuda-pemudi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga cerdas emosional,” katanya.[]

Foto: Nina Maulidia Rizka. @Ist

Leave a Reply