Nilai Ideologi di Masyarakat Cenderung Turun, Ini Sebabnya

Nilai ideologi negara diharapkan jangan hanya menjadi formalitas. Tetapi harus menjadi pedoman bagi semua masyarakat dalam kehidupan sehari-hari serta harus terus menerus dilestarikan.

”Nilai-nilai ideologi di berbagai lapisan masyarakat kini cenderung menurun,” ucap Nurmalis, Kabid Pemantapan Ideologi Negara pada Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Aceh pada Sosialisasi Ideologi dan Bela Negara kepada generasi muda di Bireuen Senin 29 September 2019.

Menyikapi hal itu, sebutnya perlu terus dilakukan sosialisasi tentang ideologi negara kepada semua unsur. Supaya nilai ideologi negara jangan hanya menjadi formalitas pada peringatan hari-hari besar saja.

Disebutkan, ada berbagai sebab menurunnya nilai ideologi negara antara lain sebab rakyat cenderung hanya menjadi objek dari pembangunan, tidak terlibat sebagai subyek, lalu adanya perlakuan hukum yang berbeda serta sebab-sebab lain.

Sementara itu, Wakil Bupati Bireuen, Mukhtar, dalam sambutan saat membuka kegiatan itu mengatakan wawasan kebangsaan tidak hanya mawas  ke dalam yaitu melihat diri sendiri.

”Tetapi juga mawas ke luar dalam arti Bangsa Indonesia harus menjadi besar dan dapat sejajar dalam percaturan dunia internasional,” ujar Mukhtar.

Dia berharap sosialisasi serupa tidak hanya dilaksanakan oleh Kesbang Politik dan Linmas sebagai lembaga pemerintah, tetapi juga harus diikuti dan menjadi tanggungjawab semua pihak.

Kepala Badan Kesbang Politik Bireuen, Drs Sulaiman Azis MM mengatakan sosialisasi diikuti 100 peserta dari kalangan ormas, OKP dan pemuda dari sejumlah kecamatan.

”Sosialisasi ini untuk menyamakan visi dan persepsi tentang ideologi dan bela negara kepada generasi muda supaya dalam kehidupan sehari-hari dapat bertindak dan bersikap sama,” ucap Sulaiman.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply